Penyebab Remaja Juga Rentan Terkena Radang Sendi Kronis

Mungkin Anda penasaran mengapa remaja di zaman sekarang juga mengalami penyakit radang sendi. Sedangkan kita mengetahui bahwa penyakit radang sendi biasa terjadi pada orang-orang dewasa dan lanjut usia.

Ternyata memang radang sendi yang terjadi pada remaja disebabkan oleh beberapa faktor yang cukup kuat mempengaruhi. Seperti yang disampaikan oleh konsultan senior bedah ortopedi dari Apollo Spectra Hospital, Dr Anil Raheja, ada 5 poin yang dapat berpengaruh besar terhadap anak dan remaja untuk mengalami radang sendi kronis, diantaranya :

Penyebab Remaja Juga Rentan Terkena Radang Sendi Kronis
1. Akibat cedera berolahraga.

Faktor dari akibat cedera karena berolahraga, menjadi faktor yang pertama menyebabkan tingginya anak dan remaja yang mengalami radang sendi kronis. Cedera saat berolahraga juga dapat menyebabkan Osteoarthritis pada semua kalangan usia. Cedera umum yang dapat menyebabkan Osteoarthritis adalah robeknya tulang rawan, terdapat sendi yang terkilir dan cedera ligamen.

2. Gadget.

Perkembangan teknologi dunia semakin maju, tidak heran jika sekarang ini banyak orang tidak bisa lepas dari gadget mereka. Termasuk anak muda yang sebagian besarm enghabiskan waktu dengan ponsel. Hal ini juga menjadi faktor remaja lebih rentan terhadap Osteoarthritis dari pergelangan tangan dan jari-jari. Tidak hanya itu, postur tubuh pun dapat mengarah ke gangguan persendian tulang belakang dan pinggul.

3. Gangguan Autoimun.

Belum banyak orang yang mengetahui tentang penyakit autoimun yang ternyata bisa menempatkan remaja dan anak-anak pada resiko tinggi terhadap Arthritis. Hal ini terjadi karena munculnya kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang berjuang melawan bakteri, juga menyerang sel-se; sehat yang terus mengarah ke infeksi dan akhirnya menyebabkan radang sendi.

4. Kebiasaan merokok.

Kebiasaan buruk yang satu ini juga menghantui pada remaja. Sayang sekali, sekarang ini banyak remaja di Indonesia usia dibawah 18 sudah mengenal rokok dan bahkan sudah termasuk perokok aktif. Kebiasaan merokok ini tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan sendi. Merokok meningkatkan risiko mengembangkan Rheumatoid Arthritis, terutama jika memiliki kecenderungan genetik. Merokok juga terkait dengan peningkatan keparahan penyakit yang berhubungan terhadap radang sendi.

5. Obesitas.

Meskipun Arthritis mempengaruhi semua usia dan jenis kelamin, resiko juga akan lebih meningkat jika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Kelebihan berat badan akan membuat tekanan pada sendi bertambah, terutama lutut, pinggul dan punggung, sehingga menyebabkan kerusakan tulang rawan.

Penyebab Remaja Juga Rentan Terkena Radang Sendi Kronis |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.