Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Sendi

Kesehatan sendi juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuh lain. Bayangkan saja jika Anda mengalami nyeri sendi yang akhirnya malah membuat aktivitas keseharian terganggu. Lalu bagaimana cara agar kita bisa terhindar dari serangan masalah persendian dan sendi tetap sehat?

Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Sendi

Dilansir laman klikdokter, berikut ini adalah beberapa langkah tepat untuk membantu menjaga kesehatan sendi kita. Diantaranya :

  • Berhenti merokok.

Merokok ternyata cukup memiliki pengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh dan dapat menjadi salah satu faktor risiko penyakit sendi terutama Rheumatoid arthritis. Untuk itu, selain bermanfaat terhadap kesehatan tubuh secara umum, berhenti merokok juga bermanfaat untuk kesehatan sendi Anda.

  • Mengontrol kadar asam urat.

Jumlah asam urat yang berlebih nantinya akan menumpuk pada sendi, dan menyebabkan penyakit Arthritis asam urat. Maka dari itu sangat bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kadar asam urat secara berkala dan mengontrol kadarnya.

  • Menjaga berat badan.

Sadar atau tidak, berat badan berlebih dapat memberikan beban kepada sendi, terutama sendi pinggang dan lutut. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya Osteoartritis.

  • Hindari cedera sendi saat berolahraga.

Riwayat cedera sendi sebelumya menjadi salah satu faktor risiko terjadinya penyakit sendi, seperti infeksi sendi dan Osteoartritis. Oleh karena itu, lakukan pemanasan yang cukup sebelum olahraga. Sebaiknya Anda memilih jenis olahraga dengan risiko cedera yang rendah. Hindari aktivitas ekstrem yang berisiko tinggi menyebabkan cedera sendi.

  • Memenuhi kebutuhan Vitamin dan Mineral tubuh.

Vitamin D dan Kalsium, merupakan zat yang telah terbukti penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain itu, Vitamin C dan glukosamin juga merupakan zat yang berperan penting untuk menjaga integritas sendi Anda.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *