Tips Dokter Untuk Mencegah Radang Amandel

Jika kita membahas tentang Amandel, penyakit ini yang cukup sering ditemukan pada anak-anak di masa sekolah. Banyak orang berpikir bahwa sakit amandel terjadi karena mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, berminyak. Padahal, tidak hanya selalu dari makanan, Amandel meradang dan membengkak juga bisa terjadi karena infeksi kuman yang berasal dari udara. Apakah Anda mengetahui bahwa sesungguhnya Amandel memiliki fungsi yang baik yaitu sebagai penyaring berbagai bakteri dan kuman yang hendak masuk kedalam tubuh melalui mulut dan hidung?

Tips Dokter Untuk Mencegah Radang Amandel

Fungsi utama dari Amandel memang sebagai penyaring bakteri dan kuman yang masuk kedalam tubuh, namun karena bakteri dan kuman yang hendak masuk terlalu banyak, juga kondisi tubuh dan sistem imun sedang lemah akhirnya Amandel tidak bisa menahan lebih banyak dan terjadilah peradangan hingga menyebabkan sakit Amandel. Sakit pada Amandel lebih dikenal dalam istilah medis dengan nama ‘Tonsilitis’. Jika pembengkakan Amandel lebih parah hingga menyebabkan gangguan pernafasan, maka langkah yang paling tepat menurut dokter dan ahli medis adalah melakukan operasi.

Tips Dokter Untuk Mencegah Radang Amandel seperti yang dilansir pada situs doktersehat, ada beberapa cara yang harus dilakukan, yaitu :

  • Tidak menggunakan peralatan pribadi secara bersamaan dengan penderita amandel.
  • Rajin-rajinlah membersihkan tangan dengan sabun supaya terhindar dari infeksi kuman dan bakteri.
  • Mengkonsumsi air putih yang cukup.
  • Menghindari makanan yang cenderung memiliki rasa pedas, asam dan makanan terlalu panas.

Itu saja, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jaga kebersihan lingkungan sekitar dan kesehatan tubuh. Semakin baik kita melakukan pola hidup sehat, semakin baik juga kita terhindar dari penyakit amandel dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Posted by Obat Osteoarthritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *