Tanda Dan Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

Tentang penyakit tipes, penyakit yang satu ini memang masih menjadi penyakit yang paling banyak terjadi di kalangan masyarakat. Umumnya karena lingkungan yang tidak bersih, juga pola hidup tidak sehat. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit tipes berasal dari bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam usus karena tidak sengaja tertelan dikarenakan bakteri tersebut sudah mencemari makanan atau minuman. Lalu makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri tersebut masuk kedalam tubuh bersama makanan dan minuman yang kita konsumsi, lalu kemudian berkembang biak dalam kelenjar getah bening dan pembuluh darah.

Jika penyakit tipes terjadi pada orang dewasa.

Penyakit tipes dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang gejalanya hampir menyerupai penyakit influenza. Terkadang bahkan orang-orang mengira dirinya hanya menderita flu dan demam biasa. Hal inilah yang harus lebih diwaspadai oleh penderita penyakit tipes. Karena penyakit ini akan lebih memperlihatkan gejalanya ketika sudah lebih dari 1 minggu, setelah tanda-tanda gejala tipes muncul.

Tanda Dan Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

Berikut ini adalah beberapa fase perubahan gejala tipes pada tiap minggunya, yang terjadi pada orang dewasa. Diantaranya :

Saat perkembangan infeksi bakteri tipes pada minggu pertama didalam tubuh Anda.

  • Anda akan mengalami demam yang terus meninggi saat malam hari, terkadang demam bisa lebih dari 40 derajat celcius.
  • Mengalami sakit kepala yang menjalar pada bagian mata dan bagian belakang yang menyebabkan terganggunya aktivitas.
  • Mengalami penurunan nafsu makan sehingga badan lemas.
  • Mengalami gangguan pencernaan.
  • Tiba-tiba terserang batuk kering yang tidak sembuh bahkan ketika diobati dengan obat batuk.
  • Muncul bercak merah di kulit kaki dan tangan.

Saat perkembangan infeksi bakteri tipes pada minggu kedua.

  • Demam tinggi yang justru naik turun, dan biasanya terjadi pada siang, sore dan malam hari.
  • Tubuh mulai terlihat lebih kurus.
  • Mengalami sembelit dan bahkan diare.
  • Perut membengkak dan terasa keras.

Saat perkembangan infeksi bakteri tipes sudah memasuki minggu ketiga dapat dipastikan kondisi semakin parah. Bahkan dalam beberapa kasus akan membuat penderitanya kesulitan melakukan aktifitas sama sekali. Dalam tahap ini biasanya gejala komplikasi terjadi dikarenakan penyebaran bakteri dari usus mulai menyebar ke bagian lain.

Perkembangan infeksi bakteri tipes yang sudah memasuki minggu keempat justru akan membuat penderitanya merasa lebih baik. Pasien penderita tipes kemudian akan terlihat lebih bugar dan demam juga turun. Namun ternyata justru dalam fase inilah yang membahayakan.

Demikian selengkapnya mengenai Tanda Dan Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jaga selalu kesehatan, dan tetap lakukan pola hidup sehat.

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *