Pityriasis Alba, Bercak Putih Selain Panu

Umumnya, pada anak-anaklah Pityriasis Alba terjadi. Dan orangtua mengira bercak putih yang timbul di wajah adalah Panu. Namun dalam kebanyakan kasus, bercak tersebut tidak berasal dari Panu, melainkan Pityriasis Alba atau yang sering disingkan menjadi Pit. Alba.

Pityriasis Alba, Bercak Putih Selain Panu

Tahukah Anda apa itu Pityriasis Alba sebelumnya?

Pityriasis Alba merupakan jenis penyakit kulit yang menimbulkan bercak puih (Hipopigmentasi) dan bersisik hampir seperti Panu, dan terjadi paling banyak pada orang dewasa dan anak-anak, tapi juga remaja usia antara 3 sampai 16 tahun.

Pada area kulit yang terkena Pityriasis Alba akan menimbulkan efek warna lebih muda. Paling sering ditemukan diwajah, terkadang bisa ditemukan pada leher, lengan dan bagian atas dada. Umumnya jarang ditemukan keluhan lain selain muncul bercak putih, namun ada juga yang mengeluhkan gatal dan sedikit kemerahan.

Apa penyebab kemunculan Pityriasis Alba?

Hingga saat ini kemunculan Pityriasis Alba belum diketahui pasti, akan tetapi kemungkinan hubungan kulit kering atau adanya kontak dengan bahan kimia, kulit sensitif, dan pasien telah menderita dermatitis atopik (asma kulit) sebagai tanda minornya. Tidak hanya itu, penyebab lainnya mungkin akibat paparan sinar matahari berkepanjangan. Karena banyak sekali pasien anak-anak yang umumnya banyak beraktifitas di luar ruangan, misalnya berenang, main bola, basket, dan masih banyak lagi.

Bagaimana penyembuhan Pityriasis Alba?

Karena Pityriasis Alba dikategorikan sebagai penyakit ringan tanpa gejala, kondisi ini hampir tidak perlu mendapatkan penanganan khusus. Akan tetapi jika areanya meluas, maka dapat menganggu penampilan dan diusahakan untuk segera mengatasi bercaknya.

Contoh pengobatan Pityriasis Alba bisa dengan krim steroid topikal ringan yang akan membantu Anda mendapatkan kembali warna kulit, serta  membantu pada lesi awal yang kemerahan dan gatal.

Jika penanganan dengan krim tersebut masih belum terbantu, segera lakukan pilihan lain.

 Jika Anda berobat ke klinik kesehatan, ada berbagai jenis terapi sinar dapat dilakukan. Psoralen ditambah cahaya ultraviolet photochemotherapy A (PUVA), atau Narrow-Band ultraviolet B (NBUVB) bisa digunakan untuk membantu dalam kasus-kasus bercak yang meluas, walaupun tingkat kekambuhan tinggi setelah pengobatan dihentikan.

Jika bercak sedikit, dapat dibantu dengan Excilite Laser, yang dikerjakan hanya pada area bercak yang akan membuat kulit normal tetap terlindungi.

Jenis terapi pengobatan apapaun yang dipilih, tentunya tetap membutuhkan ketekunan, karena umumnya baru mulai  memberikan hasil setelah terapi teratur 1-2x/minggu selama 10-12 minggu.

Pityriasis Alba, Bercak Putih Selain Panu | Obat Osteoarthritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *