Penyebab Sendi Mengalami Penuaan

Ternyata tidak hanya usia dan kulit pada tubuh yang mengalami penuaan, bagian tubuh lainnya yang dapat mengalami penuaan adalah sendi.

Penyebab Sendi Mengalami Penuaan

Penuaan yang terjadi pada sendi ditandai dengan sendi-sendi di dalam tubuh yang mulai memiliki kecenderungan terhadap semakin sulitnya untuk menahan beban, serta sangat mudah merasakan nyeri. Lebih lanjut lagi penyakit ini dikaitkan dengan usia yang semakin bertambah, namun ternyata tidak hanya itu. Sekarang ini justru risiko penyebab penuaan sendi juga terjadi akibat kebiasan buruk yang dilakukan penderitanya di usia muda, salah satu faktornya adalah Obesitas.

DR Karina Besonga SpOT (K) seorang pakar kesehatan yang menjelaskan jika mereka yang mengalami Obesitas d usia muda memiliki potensi besar terhadap penyakit Osteoarthritis dikarenakan pada mereka yang masih muda biasanya tidak berpikir untuk menanggung beban yang berat. Dan jika pada masa mudanya orang tersebut memiliki kebiasaan merokok dan menenggak alkohol maka faktor risiko akan terjadi lebih besar untuk kerusakan sendi yang di alaminya.

Masalah tentang penuaan sendi ini dapat diatasi dengan memeriksakan kondisi ke dokter guna mengetahui cara penanganannya yang tepat. Jika Osteoarthritis masih dalam tingkat ringan, obat-obatan dan perubahan pola hidup sehat serta berolahraga dengan rutin dapat mengatasinya. Hanya saja jika terlalu parah mau tidak mau penderitanya harus menerima suntikan pelumasan pada sendi atau operasi khusus untuk mengganti / memperbaiki sendi.

Baca juga : Manfaat Glukosamin Sebagai Pelumas Persendian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *