Nyeri Kaku Di Bagian Jari-jari Tangan? Ini Penyebabnya!

Selamat datang pada situs Obat Osteoarthritis. Dari situs ini Anda bisa mencari beberapa artikel serupa tentang Osteoarthritis lainnya. Nah, pembahasan kali ini wajib untuk Anda simak tentang seseorang yang mungkin itu adalah Anda, yang memiliki kebiasaan nyeri kaku di bagian jari-jari tangan. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab nyeri tersebut? Dan mengapa hanya terjadi pada jari-jari tangan saja?

Nyeri Kaku Di Bagian Jari-jari Tangan? Ini Penyebabnya!

Jari tangan yang nyeri / sakit dan kemudian kaku merupakan kondisi yang membuat seseorang bukan hanya kesulitan untuk mengatasi pergerakan di jari-jari. Tapi juga membuat sulit untuk digerakkan dan terkunci di posisi tertentu. Jika dipaksakan malah yang terjadi adalah semakin sakit. Hal ini terjadi akibat tendon di jari-jari tangan yang mengalami inflamasi (peradangan).

Gejala yang muncul tidak hanya merasakan nyeri dan kaku. Di pagi hari misalnya, memang diawali dengan jari-jari yang terasa kaku. Ketika di awal ini, infeksi yang terjadi menyebabkan pembengkakan dan ketika digerakan menyebabkan bunyi seperti ‘klik’. Gejala yang muncul lainnya adalah jari-jari yang seakan terkunci ketika posisinya ditekuk, dan akan sulit untuk diluruskan. Atau bisa juga jari tangan tiba-tiba terkunci dalam posisi tertekuk, tapi kemudian tiba-tiba saja kembali lurus.

Salah satu penyebab tersering kondisi ini terjadi adalah Osteoarthritis. Osteoarthritis yang menyerang bagian tangan menimbulkan rasa sakit di 3 bagian jari tangan. Misalnya saja, pada bagian tengah sendi jari, sendi yang paling dekat dengan ujung jari, serta pangkal ibu jari.

Jika Osteoarthritis terjadi pada tangan, jari-jari kemudian akan kaku, terasa sakit, bengkak dan bahkan muncul benjolan yang memicu sendi jari menjadi kaku. Rasa sakitnya memang berangsung menghilang, tapi bengkak dan benjolannya bisa menetap di sendi.

Di bagian belakang jari atau punggung tangan mungkin akan muncul benjolan kista yang menyakitkan. Secara bertahap, jari akan mengalami inflamasi dan akhirnya membengkok ke arah samping. Di beberapa kondisi juga ditemukan benjolan yang muncul di bagian dasar jempool serta sendi pergelangan. Benjolan ini terasa sakit dan membuat Anda kesulitan melakukan aktifitas, khususnya aktifitas yang menggunakan tangan, telapak dan jari tangan seperti menulis, membuka toples dll.

Untuk itu, jika Anda mengalami kondisi tersebut sebaiknya periksakan terlebih dahulu pada dokter. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat, salam!

Baca juga : Obat Untuk Penderita Osteoarthritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *