Penyebab Gangguan Kesehatan Mulut Pada Penderita Diabetes

Penyakit Diabetes, adalah penyakit yang cukup tinggi angka penderita di Indonesia, bahkan diseluruh dunia. Berdasarkan data dari WHO menyebut jika ada sekitar 1,5 juta orang dewasa pertahun pasti didiagnosis menderita penyakit Diabetes.

Saat penyakit Diabetes kemudian menjadi kronis, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah bagaimana pola hidup yang dijalankan oleh penderita Diabetes tersebut, terlebih adalah pola makan. Saat seseorang terdiagnosa menderita Diabetes, maka orang tersebut harus benar-benar menuruti apa saran-saran yang diberikan dokter, termasuk mengkonsumsi obat Diabetes.

Penderita Diabetes ini harus mengontrol apa yang akan menjadi asupan makanannya sebab mereka harus benar-benar mengontrol kadar gula darah dengan baik. Jika tidak, maka resiko penyakit berbahaya lainnya mengintai, seperti jantung, ginjal, dan kerusakan saraf-saraf terutama pada kaki.

Selain itu, ternyata Diabetes juga berdampak pada gangguan kesehatan mulut, mengapa hal ini bisa terjadi?

Akibat dari kadar gula darah yang tinggi pada penderita Diabetes, akhirnya menyebabkan munculnya rasa nyeri, infeksi baik pada gigi, gusi dan lidah. Sebenarnya, glukosa juga terdapat pada air liur untuk membantu proses pencernaan dan memecah makanan yang masuk kedalam mulut. Pada saat Diabetess tidak terkontrol, bukan hanya glukosa pada darah saja yang meningkat, tapi pada mulutpun demikian. Saat air liur yang mengandung kadar glukosa tinggi menyebabkan bakteri dengan mudah tumbuh lebih cepat di dalam mulut. Bakteri ini ini kemudian menyebabkan penumpukan plak-plak pada gigi yang kemudian membuat gusi dan daerah sekitar mulut menjadi meradang serta terinfeksi.

Jenis gangguan kesehatan pada mulut yang akhirnya terjadi pada penderita Diabetes, diantaranya radang gusi, gusi memerah membengkak dan berdarah, bau napas tidak sedap, gigi tanggal, candidiasis (peradangan mulut akibat infeksi jamur), mulut kering, dan rasa terbakar di mulut.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *