Penyebab Dan Pencegahan Osteoarthritis

Penyakit Osteoarthritis yang merupakan suatu kondisi dimana sendi-sendi memiliki kemunduran pada tulang rawan sendi, serta tulang-tulang di dekatnya yang akhirya menyebabkan kondisi tersebut terasa sakit dan kaku.

Biasanya Osteoarthritis dijumpai pada orang-orang berusia 70 tahun. Terjadi pada semua golongan gender baik pria dan wanita, tapi pada pria Osteoarthritis bisa terjadi dalam usia yang jauh lebih muda.

Baca juga : Penyebab Remaja JuPenyebab Dan Pencegahan Osteoarthritisga Rentan Terkena Radang Sendi Kronis

Penyebab dari Osteoarthritis.

Dalam kondisi normal, sendi memiliki nilai gesekan rendah sehingga tidak dapat mudah aus, kecuali jika sendi terlalu banyak digunakan dan berlebihan hingga menyebabkannya cedera.

Kemungkinan awal dari terjadinya Osteoarthritis adalah suatu kelainan yang terjadi pada sel-sel pembentuk komponen tulang rawan seperti Kolagen yang merupakan serabut protein dalam jaringan ikat, serta Proteoglikan yang merupakan bahan pembentuk daya lenting tulang rawan.

Lalu setelahnya, tulang rawan tumbuh terlalu banyak dan akihirnya justru akan menipis dan membentuk retakan-retakan pada permukaanya. Rongga kecil akan terbentuk dari dalam sumsum tulang yang terletak dibawah kartilago, sehingga tulang menjadi lebih rapuh. Tulang juga akan mengalami pertumbuhan berlebih di sisi-sisi sendi yang akan menyebbakan benjolan (osteofit) yang dapat dirasakan dan terlihat. Benjolan tersebut dapat mempengaruhi fungsi sendi yang normal, juga menyebabkan nyeri.

Akhirnya nanti permukaan tulang rawan yang halus dan licin, berubah menjadi kasar dan berlubang sehingag sendi tidak bergerak secara halus seperti sedia kala. Semua komponen sendi yang terdiri dari tulang, kapsul sendi, jaringan sinovial, tendon serta tulang rawan akan mengalami kegagalan dan menyebbakan kelainan sendi.

Pencegahan penyakit Osteoarthritis.

Dalam mencegah penyakit kelainan sendi Osteoarthritis ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain :

  • Menghindari faktor resiko terjadinya Osteoarthritis seperti Obesitas.
  • Pastikan untuk berjalan, berdiri dan mengangkat badang dalam posisi tubuh yang benar.
  • Selalu berhati-hati terhadap kecelakaan yang bisa saja terjadi dan dapat menyebabkan sendi-sendi rusak.
  • Berolahraga sesuai kemampuan dan cara yang benar agar tidak menjadi beban bagi tulang dan sendi.
  • Dianjurkan untuk memakai kursi dengan sandaran keras, kasus yang tidak terlalu empuk / lembek dan tempat tidur yang dialas dengan papan.
  • Menjaga agar asupan nutrisi selalu baik dan seimbang agar pertumbuhan sendi dan tulang rawan sempurna.
  • Menjaga selalu berat badan ideal.

Itu dia Penyebab Dan Pencegahan Osteoarthritis yang bisa saya bagikan informasinya untuk Anda, semoga dapat bermanfaat. Jaga selalu kesehatan sendi dan tulang Anda, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *