Penyakit Rematik Yang Menyerang Otot

Rematik lebih umum menyerang persendian, namun ternyata bagian tubuh lain yaitu otot, ternyata juga bisa terkena rematik. Rematik otot ini disebut Fibrositis.

Penyakit Rematik Yang Menyerang Otot
Rematik otot adalah kondisi dimana peradangan terjadi pada jaringan-jaringan berserta yang berwarna putih seperti pada urat daging, tulang rawan, lapisan urat pengikat, kapsul persendian, pembungkus tulang, jaringan serat di bawah kulit, lapisan urat saraf atau ikatan pada serat-serat otot yang kecil-kecil. Peradangan yang terjadi pada otot menimbilkan rasa sakit. Banyak dari dokter yang berpendapat jika infeksi adalah faktor utama penyebab dari peradangan yang terjadi pada otot namun justru lebih sering terjadi karena alergi. Fibrositis cenderung lebih banyak terjadi pada anggota keluarga. Kurangnya aktifitas seperti olahraga atau bergerak pada tubuh menjadi faktor penyebab lainnya.

Jika ikatan-ikatan serat-serat otot terkena penyakit, kondisi ini di sebut Myositis, Myalga, atau rematik otot. Jika otot di bagian punggung sebelah bawah yang terserang, namanya yang biasa kita kenal untuk kondisi ini adalah sakit pinggang, kondisi ini juga terjadi di bagian kepala atau leher bagian belakang, lalu muncul sakit kepala yang membandel. Jika leher bagian samping yang terkena, maka timbulah pegal-pegal dengan rasa nyeri karena leher itu terputar. Kondisi ini juga sebenarnya terjadi akibat kekejangan otot saraf akibat ketegangan emosi. Lalu jika susunan sendi di sekitarnya yang terserang, inilah yang disebut rematik walaupun istilah tersebut sebenarnya salah. Sakit saraf mirip dengan rematik otot karena mempengaruhi lembaran otot. Begitu juga penyakit linu panggul.

Rematik otot dimulai dengan perlahan mengalami rasa nyeri yang mendadak. Bagian dimana rasa sakit seperti tertusuk dan ini disebabkan akibat getaran saraf. Keadakan akan membaik dalam beberapa hari atau beberapa minggu, jika tidak membaik juga berarti kondisi sudah menjadi kronis. Serangan mungkin akan terulang dan akan memburuk karena penderita mengalami banyak hal yang dipikirkan, ketegangan saraf, kehabisan tenaga, terlalu capek atau kedinginan.

Rematik otot yang kronis ditandai dengan rasa sakit yang hebat atau pengerasan pada ototnya dan yang lebih buruk penderita tidak dapat bergerak. Pengobatan sementara yang dapat dilakukan adalah dengan menggerakan badan seperlunya, menghangatkan dengan suhu panas yang kering atau dengan meminum sejenis obat. Kondisi ini lebih mudah terjadi pada orang lanjut usia.

Penyakit Rematik Yang Menyerang Otot | Obat Osteoarthritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *