Manfaat Kolang Kaling Ternyata Baik Untuk Persendian

Siapa sih yang tidak tau kolang kaling? Biasanya kolang kaling ini banyak ditemukan di dalam minuman campur atau es campur, kolak, manisan dan lebih banyak ditemukan saat bulan Ramadhan di Indonesia.

Manfaat Kolang Kaling Ternyata Baik Untuk Persendian

Kolang kaling ini berasal dari tanaman buah kolang-kaling. Tidak hanya karena rasanya yang enak, kolang-kaling juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya yang sangat dikenal adalahmembantu mengatasi persendian dan tulang yang sakit.

Hal ini ternyata memang terbukti, sama halnya dengan pernyataan dari Federik S Woworuntu, bahwa awalnya buah kolang kaling ini telah diteliti dari jaman dulu yakni jaman penjajahan. Pada awalnya mereka juga keheranan dengan kondisi fisik orang pribumi yang tetap baik walaupun bekerja dengan sangat keras. Ternyata rahasianya adalah mereka mengkonsumsi buah kolang kaling.

Dalam buah ini terdapat Gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa kolagen. Kolang-kaling juga mengandung Albumin, yang bermanfaat dalam memenuhi protein plasma tubuh kita yg hingga 60%. Kolang-kaling juga kaya kandungan serat alami dan bermanfaat untuk membantu pencernaan bekerjasama dengan gelatin dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan besi yang dikandungnya. Bagi anda yang memiliki penyakit berat seperti tulang kejepit (HNP), mengkonsumi kolang kaling sangat baik untuk memperbaiki masalah tulang tersebut.

Kolang-kaling juga berkhasiat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Tabel kandungan gizi dalam 100gr kolang kaling.

Kandungan Gizi Jumlah
Energi 27 kkal
Protein 0.4 gram
Lemak 0.2 gram
Karbohidrat 6 gram
Serat 1.6 gram
Kalsium 91 mg
Fosfor 243 mg
Zat Besi 0.5 mg
Air 94%

Manfaat Kolang Kaling Ternyata Baik Untuk Persendian |

Baca juga : Nyeri Kaku Di Bagian Jari-jari Tangan? Ini Penyebabnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *