Makanan Yang Membuat Persendian Terasa Sakit

Sendi-sendi yang menjadi kaku, hingga membengkak juga menimbulkan rasa sakit akan menganggu aktifitas. Bukan hanya aktifitas dalam skala besar, namun hal-hal ringan seperti mengangkat pena dan berjalan kedapur pun akan terasa sangat menyiksa.

Makanan Yang Membuat Persendian Terasa Sakit
Sementara itu, cara untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi secara permanen belum ditemukan. Namun para peneliti berpendapat jika hal ini secara sementara dan jika diterapkan baik akan mencegah terjadinya sakit persendian. Caranya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang ternyata dapat membantu mengurangi rasa sakit persendian, seperti kacang-kacangan, minyak zaitun dan lemak ikan. Namun, ada beberapa makanan lain yang harus Anda hindari karena makanan tersebut bisa saja malah memperburuk kondisi persendian Anda yang sakit.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang ternyata bisa membuat persendian Anda terasa lebih sakit.

1. Tomat.

Walaupun tomat disebut sebagai sumber  tomat seringkali dikatakan sebagai makanan dengan kandungan anti inflamasi, namun bagi mereka yang menderita radang sendi jenis tertentu seperti encok, tomat justru dianggap akan menjadi pemicu nyeri sendi dan penelitian terbaru membuktikan kebenarannya.

Para peneliti mensurvei 2,051 orang penderita encok, 20% dari mereka melaporkan bahwa tomat menjadi pemicu nyeri. Kemudian mereka juga melakukan analisa data yang diperoleh dari 12,720 orang tanpa encok dan menemukan hasil, mereka mengalami peningkatan kadar asam urat pada darah mereka.

Tingginya asam urat adalah penyebab utama dari encok. Kurangilah asupan tomat dan konsumsilah obat pengurang asam urat secara rutin.

2. Jagung, bunga matahari, kedelai, dan minyak buah jarak.

Fakta mengenai kandungan baik asam lemak omega 3 didalam molekul yang membuat salmon, juga kenari sangat baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi berbeda halnya dengan asam lemak omega 6. Pernah mendengar yang satu ini? Kandungan asam lemak omega 6 bisa ditemukan dalam kandungan minyak kedelai.

Tipikal diet di Amerika Serikat bisa mengandung 25 kali lebih banyak asam lemak omega-6 daripada asam lemak omega-3. Rasio dengan angka besar seperti itu bisa menimbulkan masalah pada persendian Anda. Penelitian menunjukkan jika rasio apapun yang lebih besar dari 10 banding 1 bisa menyebabkan masalah seperti asma, penyakit kardiovaskuler, dan inflamasi.

Para peneliti akhirnya menyarankan untuk menurunkan rasio hingga 2 atau 3 banding 1 bagi para penderita radang sendi rematik. Dan hal tersebut benar-benar menekan inflamasi pada para partisipan dengan kondisi yang sama di studi ini. Asam lemak omega-6 juga banyak ditemukan pada makanan yang digoreng, margarin, daging, dan kuning telur.

3. Soda bergula.

Minuman yang sangat manis juga bukan sebuah hal yang baik untuk kesehatan Anda. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mereka cenderung memberikan resiko Anda untuk terkena diabetes dan penyakit jantung, konsumsi gula juga dapat menjadi pemicu pelepasan “pesan” penyebab inflamasi bernama cytokines.

Ketika para peneliti menganalisa data dari 2 studi besar yang dilakukan sepanjang 30 tahun, mereka menemukan hubungan antara konsumsi soda dan resiko radang sendi. Wanita yang meminum sekaleng soda atau lebih setiap harinya memiliki risiko 63% lebih besar terkena radang sendi daripada mereka yang tidak meminumnya sama sekali.

Baca juga : Manfaat Gelatin Untuk Masalah Sakit Persendian

Semoga artikel diatas mengenai Makanan Yang Membuat Persendian Terasa Sakit, dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *