Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Tipes

Makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita tipes,- Tipes atau demam typhoid adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami demam tinggi dan terus menerus selama 3-4 minggu. denyut nadi yang relatif lambat, kadang terjadi gangguan kesadaran sepeerti mengigau, perut kembung, splenomegali dan lekopeni. Di banyak negara berkembang termasuk Indonesia, demam typhoid ini masih tetap merupakan masalah kesehatan masayarakat. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberantas penyakit ini akan tetapi masih berlum menemukan hasil memuaskan. Sebaliknya jika di negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa dan Jepang, seiring dengan perbaikan lingkungan, pengelolaan sampah serta limbah yang memadai dan penyediaan air bersih yang cukup. mampu untuk menurunkan insidensi penyakit ini secara dramatis.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika melalukan poengobatan yang sesuai dan sebisa mungkin mencegah sebelum terjadi atau terserang penyakit tipes ini. Dan jika anda tengah menderita penyakit ini, alangkah baiknya juga memperhatikan dan menjaga makan yang kita konsumsi. Ini bertujuan untuk membantu memulihkan kondisi dan juga membantu menjaga tubuh agar tetap kuat meskipun sakit.

Dan berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita tipes, antara lain:

  • Sumber karbohidrat: beras di bubur/tim, roti bakar, krakers, kentang rebus, tepung-tepungan dibuat bubur atau dibuat menjadi puding.
  • Sumber protein hewani: daging empuk, hati, ayam, ikan yang direbus, ditumis, diungkep, dipanggang, telur yang direbus, ditim, didadar, dicampur dalam makanan dan minuman, dan susu maksimal 2 gelas perhari.
  • Sumber protein nabati: misalnya tahu, tempe ditim, direbus, ditumis, dan susu kedelai
  • Sayuran: sayuran yang berserat rendah seperti kacang panjang, buncis muda, labu siam, bayam, tomat masak, wortel yang dikukus, direbus.
  • Buah-buahan, semua sari buah: buah segar yang matang (tanpa kuit dan biji) serta tidak menimbulkan gas seperti pepaya, pisang, jeruk dan alpukat.
  • Lemak nabati, margarin, dan minyak dalam jumlah terbatas untuk menumis, mengoles dan setup.
  • Minuman, teh encer dan sirup
  • Bumbu, garam, vetsin, gula, cuka, salam, laos, kunyit, kuci dalam jumlah terbatas.

 

Sedangkan makanan yang tidak boleh atau sebaiknya dihindari terlebih dahulu ketika anda tengah menderita sakit tipes, diantaranya:

 

  • Sumber karbohidrat: beras ketan, beras tumbuk/merah, roti whole wheat (gandum), jagung, ubi, singkong, talas, dodol dan kue kue yang manis dan gurih.
  • Sumber protein hewani: daging berserat kasar, serta daging, ayam, ikan yang diawetkan.
  • Sumber protein nabati, kacang merah serta kacang-kacangan kering seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai.
  • Sayuran, sayur-sayuran yang berserat tinggi seperti daun katuk, daun singkong, daun pepaya, daun dan buah melinjo, oyong, serta sayuran yang dimakan mentah.
  • Buah-buahan: buah-buahan yang dimakan dengan kulit, misalnya apel, jambu biji, serta jeruk yang dimakan dengan kulit ari (pengecualian untuk jeruk yang dianjurkan adalah jeruk yang telah bersih dari kulit ari), buah-buahan yang mengadung gas seperti nangka dan durian.
  • Lemak, minyak untuk menggoreng, lemak hewani, kelapa dan santan
  • Minuman, kopi, dan teh kental, minuman yang mengandung soda dan alkohol.
  • Bumbu, cabe dan merica.

 

Demikianlah beberapa daftar makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita tipes mengkonsumsinya, hal ini bertujuan agar penderita tipes lebih baik dalam menjaga kesehatannya bahkan ketika sakit. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Jika anda tengah menderita tipes, kami merekomendasikan obat herbal yang dapat membantu mengobati tipes secara alami karena terbuat dari teripang emas yang diesktrak. Obat herbal yang kami maksud adalah QnC Jelly Gamat. Seperti apa kandungan yang dimiliki QnC Jelly Gamat untuk pengobatan penyakit tipes..? Klik disini untuk informasi selengkapnya : Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Tipes

posted by : obatosteoarthritis.web.id

480 thoughts on “Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Tipes

  1. Sorry min, korrksi lagi postingnya soalnya banyak kesalahan yg Fatal,
    Salah satunya : buah buahan yg di anjurkan ada buah jeruk, namun di bagian buah buahan yg harus di hindari ada buah jeruk, terus yg bener yg mana ?

        • Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyakitnya, karena berdasarkan gejala yang disebutkan bisa saja bukan termasuk gejala dari sakit tipes. Semoga membantu πŸ™‚

          • Maaf mau tanya, tiga minggu yang lalu saya menderita sakit tifus. Apakah saya sudah boleh untuk makan makanan yang sedikit pedas dan minuman dingin ?

          • Jika sudah sembuh diperbolehkan asal jangan terlalu sering, pastikan dulu sebelum benar-benar sehat atau belum.

          • Mint saya mau minta saran..buah buahan yang saya sukai itu semangka..saya lagi terkena penyakit tipes sekarang..boleh gak makan semangka min.??

          • Diperbolehkan, asal buah semangka disimpan didalam suhu kamar (tidak didalam lemari es).

      • Pak saya mau saya baru saja terlanjur memakan bandeng presto saya baru tau kalo itu adalah ikan yg di awetkan
        Dan sekaran kaki dan tangan saya sidah terasa lemas

        Bagaimana min

        • perbanyak minum air putih, lemas bisa datang karena dehidrasi (kekurangan cairan), jika masih belum berasa baikan sebaiknya istirahat total.

      • Sebelumnya maaf saya bukan dokter. tapi berdasarkan data dari forum dokter yang ada, minum yakult tidak akan berpengaruh apa-apa. Namun sebaiknya Anda mengkonsumsi air madu hangat.

      • Tergantung pada kondisi pasien masing-masing, tulisan di atas hanya sebagai pengingat, bukan harus dituruti semuanya, kembali lagi pada pasiennya dan kondisi pasien masing-masing. Budayakan membaca terlebih dahulu πŸ™‚

        • Saya skt panas sdh sya bwa k dokter sehari sembuh trus hbs jm10 mlm sya mnum obt , jm1 sya merasa dingin bgt panas knpa ya . Sya jga batuk pilek dan pusing

    • Maaf saya mau tanya, apakah gejala penyakit Tipes boleh minum Pocari Sweat, Klau penyakit Tipes bkannya tidak boleh minum yg asam2 kan pocari sweat rasanya asam. Trims…

      • Boleh saja, sebagai pengganti cairan tubuh karena penderita tipes sering merasa lemas akibat dehidrasi. Untuk asamnya sendiri masih dikategorikan dalam asam yang aman karena asamnya masih bisa diterima lambung.

        • Maaf mau tanya saya sakit tipes dan punya maag udah 4 bulan, udah d rawat 4x di rmh skit, tp smpai skrg bdan sya trus lemes dan tidak bertenaga, apa yg hrs saya konsumsi, biar lebih bertenaga,trmksih

          • mengkonsumsi makanan seperti biasa saja mba, sayuran, buah, pastikan makanan bersih dan sehat, oh iya bila perlu mba bisa konsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu pemulihan lebih cepat πŸ™‚ QnC Jelly Gamat juga bagus untuk sakit maag, Semoga lekas sembuh.

          • Minum air kanji (tepung tapioka).
            Cara buat:
            Air hangat kukuh 1/2 gls. Lalu masukkan kanji (tepung tapioka) 1 sendok makan. Aduk rata, minum selagi hangat untuk Pagi.
            Sorenya boleh minum kapsul lubricum (beli diapotek). Minum sesuai anjuran. Insya Allah segera sembuh. Aamiin

    • Min, maaf ganggu waktunya. Saya mau tanya, sudah 3 hari saya gejala tipes, dan memang saya juga punya penyakit maag, saya selalu sakit di bagian ulu hati, dan mual yang luar biasa, bahkan ketika makan telur rebus. Jadi apa yang harus saya lakukan agar cepat sembuh?

      • pertama-tama pastikan beristirahat total kalau perlu bed-rest (beristirahat di tempat tidur), memperbanyak minum air putih untuk mengurangi mualnya ya mba, lalu coba makan yang lembut-lembut terlebih dahulu seperti bubur dll. Jika perlu, Anda kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen food, QnC Jelly Gamat.

    • Air kelapa muda, setau saya boleh digunakan jika dicampur dengan obat cacing. Air kepala disini untuk menghilangkan bau amis dari cacing tersebut. Jika dikonsumsi langsung, Anda harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. πŸ™‚

  2. Min disitu kan ktnya dianjurkan minum susu kedelai. Tp tidak dianjurkan juga kacang kedelai. Jd gimana min? Maaf kurang ngerti

    • kedelai yang telah diolah menjadi susu memang dianjurkan / diperbolehkan, namun jika masih berbentuk kacang utuh tidak diperbolehkan πŸ™‚

    • kalau mie yang dibuat buatan sendiri, bahkan dengan mie nya sekalipun tidak masalah. Asal jangan dulu mengkonsumsi mie instant sebelum sembuh benar.

    • Di artikel diatas disebutkan buah yang dianjurkan untuk penderita tipes adalah pepaya salah satunya, dan yang tidak dianjurkan adalah daun pepaya. Silahkan koreksi kembali πŸ™‚

    • diperbolehkan kok, asalkan makanan bersifat lunak, agar usus mudah mencerna makanan tersebut. Oh iya, untuk susu juga diperbolehkan, namun jika pasien mengalami mencret sebaiknya jangan. πŸ™‚

        • Menurut beberapa artikel yang saya temukan memang benar, namun timun hanya berfungsi sebagai pereda panas dari penyakit tipes tersebut. Selebihnya mungkin Anda bisa konsultasikan pada ahli kesehatan.

    • Penderita tipes hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan lembut, yang mudah dicerna usus. Nah untuk buah anggur sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya bapak πŸ™‚

    • mungkin tergantung kondisi pasien yang menderita tipes, dokter akan melarang pasien mengkonsumsi makanan tertentu agar kondisi pasien lebih cepat baik / sembuh total. Buah-buahan yang hanya bertekstur lembut masih diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita tipes lainnya.

    • seseorang yang menderita tipes akan dikenali dengan gejala yang mulai terlihat seperti demam, tidak nafsu makan, otot nyeri, diare atau bahkan sulit bab. Langkah awal yang bisa dilakukan bisa periksakan diri ke dokter dan dokter akan memberikan obat gejala tipes sebelum penyakit tipes terjadi pada pasien. Semoga membantu πŸ™‚

    • Maaf atas keterlambatan jawabannya, bapak apakah Anda sudah benar memeriksakan diri dan memastikan bahwa bintik merah itu campak? Jika belum sebaiknya periksakan terlebih dahulu karena bintik merah bukan hanya gejala campak. Nah, untuk bagus tidaknya sebaiknya campak tersebut segera diobati karena meskipun bintik merah tersebut keluar, biasanya akan menyebabkan gatal yang luar biasa pada penderitanya.

    • untuk mencegah kondisi lebih buruk sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan yang halus / lembut yang mudah dicerna. Hindari terlebih dahulu mengkonsumsi roti gandum.

    • diperbolehkan asalkan harus di olah menjadi jus agar tekstur lebih lembut dan mudah dicerna usus, pastikan buah yang dimakan juga buah yang matang dan manis, karena jika asam bisa memicu mual.

    • maaf sebelumnya, saya bukan dokter bapak πŸ™‚
      Untuk pertanyaannya akan saya jawab, ketika sakit memang semua makanan enak pun rasanya akan pahit apalagi jika makanan-makanan yang bisa dikategorikan untuk orang sakit. Untuk menetralisir mungkin Anda bisa mengkonsumsi air putih lebih banyak, karena dengan minum banyak air putih dapat meningkatkan produksi air liur untuk mengencerkan lendir pada hidung sehingga rasa pahit pada lidah bisa dihilangkan. Semoga membantu.

  3. Min suami sy dinyatakan kena tipes.
    1 minggu pertama kepalanya sakit,minggu kedua sembuh,minggu ketiga perutnya yg sakit.
    Apa memang seperti itu gejalanya?

    • Benar sekali ibu wiwin, salah satu gejala dari tipes adalah sakit kepala, sakit perut juga merupakan gejala tipes karena gangguan yang terjadi pada usus 12 jari yang terkena infeksi. Semoga membantu πŸ™‚

  4. Min , skrg aku lg sakit gejala tipus nih udh 5hari, ini sakit yg pertama mengalami gejala tipus. Aku suka sekali dgn buah melon, apa boleh melon d konsumsi oleh saya ?

  5. Min mau nanya kan waktu hari pertamat badan terasa lemes pas sore & malm nya badan tuh panas bgt sma pusing juga sma otot tuh kerasa nyeri tidur pun sejam tidur sejam lagi nggk..pas besok nya juga gtu terus pas malmnya kan minum obat(amoxilin & paracetamol) nah abis itu besoknya panasnya alhamdulillah turunt n gak nyeri otot lg tp mash ada dikit rasa pusing..it t gmna?

    • Maaf ibu, saya bukan dokter. Tapi saya akan bantu menjelaskan sedikit mengenai pertanyaan Anda. Penderita tipes, diharuskan untuk mengkonsumsi makanan dengan tesktur lebih lembut dari biasanya, hal ini terjadi agar makanan tidak menyakiti usus yang mana penderita tipes ini sedang terjadi masalah pada usunya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang benar-benar bertekstur halus / lembut agar dapat dicerna usus lebih baik. Untuk nasi sebaiknya pastikan untuk Anda mengunyah dengan sangat halus jika memang sudah bosan dengan bubur. Semoga membantu πŸ™‚

  6. Sorry Ya Min Aku Salah Nulis,Kalau Penyakit Tipes Perut Kanan Gk Sakit Perut Kiri Sakit, Knapa Apa Bakteri Menyerang Usus 12 Jari ? kasih tau ya min

    • Maaf atas keterlambatan jawabannya, salah satu gejala dari tipes memang merasakan rasa sakit pada perut bagian kiri, itu terjadi karena bakteri menginfeksi usus 12 jari. Begitu, penjelasannya, ada yang ingin Anda tanyakan lagi? Semoga jawaban saya dapat membantu πŸ™‚

  7. Min.. Kalo sakit gejala tipes dan lg penyembuhan dg minum obat dokter badan boleh mandi serta keramas gak yaa..
    Karna lemes juga kalo badan ga kena kena air.
    Dari kemarin mau mandi agak ragu karna badan masih lemes bgt buat berdiri ga kuat lama dan kepala masih pusing serta penglihatan mata agak gelap.
    Mohon informasinya yaa.. Trimakasih

  8. Ni aku lg kena tipes dah 5 hari . Tp demam aku dh ngk ada tp kepala aku masih pusing .itu pertanda penyakitnya dh mlai sembuh p msih lma sembuh nya …..?

    • belum tentu, penyembuhan tipes juga tergantung obat dan kondisi pasien, nah jika masih pusing mungkin tunggu beberapa hari lagi sampai Anda benar-benar merasa sehat.

  9. Apakah tipes bisa menyebabkan hanghuan liver juga ya, kok saya di uji lab terkena tipes ringan dan ada gangguan di liver

    • Kalau itu saya kurang tau, tapi mungkin Anda sebenarnya sudah menderita gangguan liver namun baru Anda periksakan sekarang bersamaan dengan Anda uji lab dari penyakit tipes.

    • umumnya pada penderita tipes, jika mereka melakukan pengobatan dan menjaga makanan yang mereka konsumsi serta beristirahat total, dalam 2 minggu bisa dipastikan sudah sembuh.

    • Tidak diperbolehkan, karena takutnya didalam telur mentah masih terdapat kandungan bakteri yang akan memperparah keadaan tipes.

  10. Sorry min, mau nanya,, sepertinya aku punya gejala tipes. Ada bntik2 merah dikaki, kpala pusing dan berat. Nah, tadi mlem badanku pnas, stelah mnum obat dr dokter, badan jadi adem (egak panas lg), trus kringetan, nah pas mlem2 badanku menggigil, stelah itu egk menggigil lagi, badan trasa pegal, Sering bgt terbangun, tdur tdk nyenyak. Kmudian saya bngun, badan lama2 pegelnya agak mendingan.
    Apakah itu trmasuk tipes?Ohya, saya mau mnta saran, apakah tekstur bantal empuk dpt mminimalisir pusing?

    • Apakah sodari Anis sudah memeriksakan diri ke dokter sebelumnya? dan obat yang dikonsumsi adalah obat untuk menurunkan demam atau tipes? Jika belum coba periksakan terlebih dahulu, karena saya bukan dokter. Tapi melihat gejala yang terjadi bisa saja itu tipes (saya ingatkan untuk tetap melakukan pemeriksaan ke dokter ya).

      Tektir bantal yang rendah atau bantal kecil mungkin bisa membuat pusing tidak terlalu berat.

    • Menurut situs bimbingan.org susu beruang diperbolehkan dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan sakit tipes. Semoga membantu πŸ™‚

  11. Punten admin mau tanya jga heehh..
    Saya sudah berobat kedokter spesalis dalam,trnyata darah saya tinggi,pdhal masih muda ????????,badan tpi gk menggigil,cman panas luar biasa,kluar keringat trus.
    Pas cek widal,ginjal ama trombosit trnyata gk msalah.
    Alhdmulilah sembuh,tpi sebulan kemudian tepatnya skrang hari ke 5 saya demam tinggi + menggil hebat,kamis pgi saya brngkat naik gunung buat perayaan tahun bru,tpi sorenya dilokasi badan saya lngsung menggigil gk kuat bgt ,saya cek darah lg cek widal tepatnya kata dkter gk apa2,cman dikasih parasetamol sama antibiotik,gk ada perubahan,masih mengigil + panas sekali.
    Saya berobat lg kedokter lain yg lebih trprcaya mngkin ya,disuruh cek darah lg,soalnya trombosyt gk dicek sama dokter puskesmas itu.
    Saya tkutnya itu dbd ata tipes ya?
    Terima kasih,hatur nuhun ..

    • Demam Berdarah Dengue (DBD) dan tifus/tipes merupakan dua penyakit yang memiliki kesamaan gejala, yaitu demam yang cukup tinggi. Namun, tetap ada beberapa perbedaan yang dapat kita lihat dari gejala tambahan. Seperti pada DBD, selain demam tinggi kadang juga disertai perdarahan di hidung atau mimisan, hingga ludah dan kotoran saat buang air besar yang disertai darah. Pada penderita tifus/tipes, biasanya panas timbul pada sore dan malam hari. Pagi menjelang siang sudah mulai turun, lalu sore harinya kembali panas. Jika Anda masih ragu, coba periksakan kembali ke dokter. Semoga jawaban saya membantu πŸ™‚

  12. Maaf min kan saya sakit tipus sudah 3 hari.apakah saya boleh minum jus jeruk tapi dalam keadaan sakit dan saya kasih es

    • Diperbolehkan jika hanya jus saja, dan tanpa es. Jangan dikasih es sebelum Anda sembuh benar. Semoga jawaban saya membantu πŸ™‚

  13. min, saya udh d Rawat selama 5 hari di RS. skrg saya d rumah sudah 2hari, dan kondisi badan masih blm stabil.
    apakah saya boleh mandi & keramas? karna seminggu lebih badan saya terasa kotor. dan rambut bau karna selalu banjir keringat tiap minum obat.
    mohon jawabannya.
    terimakasih.

    • kalau masih gejala, tidak masalah makan-makanan apa saja, asal tetap tidak sembarangan dan tidak membuat kinerja usus mengalami gangguan. Semoga bermanfaat πŸ™‚

      • Min saya punya gejala tipes apakah boleh makan ayam (chicken) apa saja pantrangan buat gejala tipes

        Terimakasih

        • Ayam bisa dikonsumsi, untuk pantangan Anda bisa terlebih dahulu membaca artikel diatas karena sudah tercantum semua πŸ™‚

  14. Min,skr saya lagi sakit tifus udah seminggu..perut saya kembung karena makan dan minum jalan terus,tapi ga bisa di keluarin (bab)..kira2 ada makanan atau apa gituh biar bisa bab..Kalo saya gerak terus ke kamar kecil buat buang air kecil ga apa2..karena kebanyakan minum jadi beser

    Terima kasih

    • Biasanya untuk membantu melancarkan bab bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah pepaya. Coba Anda konsumsi buah pepaya untuk membantu melunakan feses dan melancarkan buang air besar. Solusi lain yang saya tawarkan Anda bisa mulai mengkonsumsi Jelly Gamat Gold-G, disamping membantu menyembuhkan tips lebih cepat, juga membantu melancarkan buang air besar. Semoga membantu πŸ™‚

  15. Saya sdh 2 mnggu skt tipes. Stlh 1 mnggu gjla tipes saya rsakan saya cek drh dan hslny positif kn tipes. Saya rwat jln dan stlh mngnjk mnggu k 2 saya mmtskn untuk drwat dan pas drmh skt d cek drh lg tp hslny negatif. Kt dokter tipesny sdh tdk ada.skrg sy brbt jln lg. Dan mngkonsumsi mknn yg lmbek spt bubur dan kntg rebus. Shri 2x saya jg mnum air kunyit plus madu yg saya tau bsa mnymbhkn tipes. Bdan saya mndingn skrg. Lidah sayapun sdh brwrna mrah muda tdk sprti wktu trkna tipes slma 2 mnggu itu. Bgaimna sih cri2 org yg sdh smbuh dr tipes. Dan apa uji leb saya tentang sdh hlngny tipes yg saya drta mmng bnar sdh hilang. Kpn sy bsa mkn mknan spt bysa lg?

    • ciri ciri penderita tipes membaik keadaannya, diawali dengan tubuh pasien yang semakin membaik, tidak demam, pusing, mual, dan lemas berkurang. Jika setelah itu barulah penderita tipes bisa mengkonsumsi makanan seperti biasanya. Untuk hasil uji lab saya tidak mengetahui kalau hasil tersebut memang sudah dipastikan sembuh, dokter tidak akan membohongi Anda. Nah, untuk hasil kesembuhan Anda sendiri yang bisa merasakan apakah tubuh Anda mulai membaik atau masih merasa tidak sehat? Jadi, semoga jawaban saya membantu πŸ™‚

    • sejak kapan Anda mengalami sakit bagian dada? Sesudah terserang tipes atau sebelumnya memang sudah sering merasakan sakit tersebut?

  16. Sya sdh tdk mual. Pnas. Mncret ataupun pusing. Bdan sy sdh mndingan. Alhamdulillah. Mslh nyri bgian dada saya prnh bca gjla tipes kdang spti itu. Krna adam lambung. Bnr kah

    • Kondisi orang yang terkena sakit maag, apalagi maag yang sudah dalam kondisi kronis, tentu staminanya sangat menurun. Sehingga sangat mudah terkena tipus. Stamina yang menurun pada orang sakit maag kronis ini disebabkan terbatasnya nutrisi yang bisa dikonsumsi, juga diikuti dengan penyerapan nutrisi yang kurang maksimal pada usus orang sakit maag, hal inilah yang menyebabkan para penderita sakit maag rawan terserang berbagai macam penyakit karena kekebalan tubuhnya yang makin lama makin menurun. trmasuk mengapa penderita maag sering terkena penyakit tipes. Semoga membantu πŸ™‚

        • mandi diperbolehkan asal dengan air hangat dan tidak terlalu lama. Tidur setelah mandi karena sedang sakit tipes tidak akan berpegaruh apa-apa kok jadi silahkan πŸ™‚

    • bukan di lambung, tapi di usus. Sebenarnya makanan halus ini tergantung pada setiap ketahanan tubuh manusia, karena berbeda-beda ada yang diharuskan mengkonsumsi makanan lembut, dan ada yang tidak perlu harus melakukan pantangan. Jadi selengkapnya mungkin bisa menghubungi dokter, semoga membantu πŸ™‚

    • Titer widal biasanya angka kelipatan : 1/32 , 1/64 , 1/160 , 1/320 , 1/640.
      – Peningkatan titer uji Widal 4 x (selama 2-3 minggu) : dinyatakan (+).
      – Titer 1/160 : masih dilihat dulu dalam 1 minggu kedepan, apakah ada kenaikan titer. Jika ada, maka dinyatakan (+).
      – Jika 1 x pemeriksaan langsung 1/320 atau 1/640, langsung dinyatakan (+) pada pasien dengan gejala klinis khas.

        • Jika pada pemeriksaan widal serial terdapat peningkatan secara bermakna maka diagnosis tipes dapat ditegakkan. Contoh : Pada minggu I widal 1/80, kemudian minggu ke II widal 1/640 maka diagnosis tipes dapat ditegakkan. Tapi bila minggu I widal 1/160, minggu II tetap 1/160 maka tidak boleh didiagnosis tipes.

          • Berdasarkan pernyataan dokter di salah satu forum kesehatan online menuturkan jika benar bintik-bintik merah saat sedang mengalami penyakit tifus merupakan hal yang wajar dan akan membaik setelah sakit tifus sembuh.

            Bintik-bintik merah memucat pada penyakit tifus disebut dengan rose spot terjadi pada akhir minggu pertama. Bercak merah berukuran 1-4 cm, terutama terjadi pada batang tubuh. Bercak merah ini akan menghilang dalam 5 hari. Tifus merupakan penyakit infeksi yang banyak terjadi di negara berkembang, disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Semoga jawabannya membantu πŸ™‚

    • Coba lakukan pemeriksaan ulang ke dokter, sampai 4 bulan tidak menunjukan hasil sembuh setelah berobat tipes? Mungkin masalahnya bukan pada tipes Anda. Terima kasih sudah bertanya semoga membantu πŸ™‚

  17. Pemeriksaa lab pertama kata dokter naek terus pemeriksaan lab ke 2 selama 11 hari katax turun 1/160…terus dokter fonis ke aku klw positif tipes…….hasilx gk di kasi ke aq cmn dokter bilang pemeriksaan pertama klw nda salah denger 1/80..11 hari kemudian periksa lagi katanya turun jadi1/60

    • begini saja, apakah Anda merasakan gejala khusus seperti sakit kepala, nyeri di ulu hati, atau pun nyeri di punggung dan lemas seperti gejala tipes?

  18. kak admin.saya terkena gejala typus, kok saya ngax bisa makan yang ada rasa asin nya . itu knapa.. kak.. cara menghilangkanya gimana??trmakasih

    • hal seperti itu sepertinya sangat umum terjadi ketika seseorang sedang sakit, dan bukan termasuk masalah besar. Cara mengatasinya mungkin konsumsi buah-buahan saja.

  19. Min apakah yg dimksd sakit kepala itu terasa dibagian kepala belakang dan pangkal leher bawah yg dimksd sakit kepala pd penderita tipes ? Oh ya min saya bila kepala terasa bagian belakang terasa berat lngsung saya minum puyer 16 dan efektif mengurangi rasa sakit tsb,berbahayakah bila tiap kambuh saya sllu minum puyer tsb kadang sehari bisa 3 sampai 4 bungkus puyer min,trimakasih

    • sakit kepala belakang tidak hanya berlaku untuk gejala tipes, bisa juga karena kelelahan, stress dan faktor penyakit lain. Jika Anda terus-terusan menderita sakit kepala bagian belakang, jangan terus-terus memakai obat warung, coba Anda periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk gejala pastinya.

    • periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk tindakan selanjutnya, jika positif tipes jalani pengobatan sesuai prosedur. Alternatif pengobatan bisa dengan QnC Jelly Gamat, pengobatan tipes dengan QnC Jelly Gamat juga dianjurkan.

    • Penderita tipes tidak harus selalu makan bubur kok, makan yang lain juga bisa, seperti daftar yang terdapat didalam artikel. Asal makanan lembut dan tidak mempunyai rasa asam atau pedas yang tajam.

  20. Min saya mau tanya saya tdk demam tp sakit kepala n dada terasa engap
    Saya akhirny d rawat d rumh sakit dan positif tipes tp sy ga demam cuma perut saya seblh kiri kdng sakit kadng tdk terus sekarang ga sakit lg mlh dada saya sakit dan dada ngap itu knp yah min makasih

    • gejala tipes tidak harus selalu demam, tapi jika dokter sudah menyatakan Anda positif tipes dan sedang dirawat jalani pengobatan sampai Anda benar-benar sembuh. Semoga membantu πŸ™‚

  21. Min, saya mau tanya, saya terkena gejala typus, saya konsultasi sma dokter trus saya di kasih resep obat , setelah saya mnum obat dada saya rasanya ngilu dan sesak, setiap saya mnum selalu seperti itu, tapi jika tidak saya minum saya pusing dan drop kali rasanya, apa reaksi obatnya memang seperti itu atau obatnya tidak cocok buat saya, trimakasih min,,,

    • Bisa jadi itu efek dari obat, tapi sebaiknya Anda periksakan kembali ke dokter atau konsultasikan mengapa obat yang Anda konsumsi memiliki efek seperti sesak dan ngilu. Semoga membantu πŸ™‚

  22. Min. Aku sdh terkena tipes minggu yg lalu , setelah itu sembuh satu minggu minggu ketiga kambuh lg sampai sekarang sudah 5 hr .apa tindakan yg hrs aku lakukan agr tipesku hilang total . Pdhl sdh mengikuti anjuran doktr

    • Apakah obat dari dokter Anda sudah habis? Jika belum pastikan untuk menghabiskan obatnya meskipun badan dirasa sudah baikan / sembuh. Ikuti anjuran dokter, dan jika masih tetap seperti itu mungkin Anda terkena penyakit lain. Kembali periksakan kondisi Anda. Terima kasih semoga membantu πŸ™‚

    • Kalau dirasakan badan tidak mendapat gejala aneh, mungkin tidak apa-apa. Tapi apakah gejala tipes yang Anda derita sebelumnya sudah diperiksa ke dokter dan mendapat obat dari dokter?

  23. Min mau tanya, Hasil pmriksaan sy dulu x 1/320, itu tyfusx parah ngga??
    Trus tdi ktax boleh ya mnun susu, tpi kta para dokter pnderita magg di larang mnum susu, jdi gmna tuh??

    • kalau hasil pemeriksaan 1/320 itu tidak terlalu parah, selengkapnya sebaiknya tanyakan pada dokter ya karena kondisi pasien berbeda-beda. Sama hal nya dengan susu, pada tiap-tiap pasien ada yang perlu melakukan pantangan terhadap apa yang dikonsumsinya termasuk tidak boleh minum susu karena maag atau lainnya, atau bahkan tidak memberikan pantangan sama sekali. Jadi, kembali pada kondisi pasien tersebut. Terima kasih, semoga membantu πŸ™‚

  24. Pak, si A itu sudah di katakan dia tenkena penyakit tyfus. tapi si A tidak mau di infus. 2 hari kemudian habis berobat di tangan dan di bandan nya banya bintik bintik merah, kalau siang menuju sore itu si A merasa menggigil trus demam. Kepala nya pusing. Nah apa si A itu terkena DBD pak?

  25. Kak saya uda demam tinggi dan kepala.saya sakit terus .sepertinya saya terkena gejala tifus.itu gi mna yh kak cara nyembuain secara alami dan cepat.soalnya saya berada di plosokan……..?

    • demam tinggi dan sakit kepala tidak selalu gejala tipes, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Semoga membantu πŸ™‚

  26. Min, udah ada 1 bulan lebih types kog belim sembuh.
    saya masih merasa nyeri di sekitar ulu hati, dan waktu nyeri seperti ada yg mengeras di bagian pusar.
    Solusinya gimana? ?
    Dan kalo ingin makan jagung rebus tapi ngunyahnya lembut boleh gak.

    • Sebelumnya sudah diberi obat oleh dokter? apa obatnya sudah Anda habiskan? Jika iya, namun gejala tipes masih Anda rasakan sebaiknya periksakan ulang, takutnya itu bukan hanya tipes.
      Makan jagung dibuat bubur saja, semoga membatu πŸ™‚

  27. Assalamualaikum..min saya imah,kata dokter saya terkena gejala tipes..sudah smngu ,tp setiap saya makan atau minum makanan dan minuman yg saya kosumsi itu keluar lagi…jdi smpai skrg tdak ada makanan atau minuman yg msuk ketubuh saya….walaupun saya sudah mnum obat dri dokter…..perut rasanya lapar dan haus sekali min….apa kah ada saran dri admin agar saya tdak mual2 lagi stp mkan?

    • mengalami mual dan muntah pada penderita tipes itu wajar, sebaiknya anda tetap makan, jangan biarkan perut kosong sama sekali meskipun Anda minum obat tapi kalau tidak makan tidak akan membantu penyembuhan lebih cepat. Cara mengatasinya pastikan Anda mengkonsumsi makanan bergizi terlebih dahulu, tekan rasa mual yang muncul dan pastikan makan secara perlahan terlebih dahulu. Jika masih tidak bisa coba konsultasikan kembali ke dokter. Semoga membantu dan lekas sembuh ya mba πŸ™‚

    • Ya, pisang mengandung serat namun tidak cukup tinggi. Pisang juga diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita tipes seperti yang tercantum di atas πŸ™‚

  28. Min, 10 hari yg lalu saya positif kena typus, saya dapat obat dari dokter tetapi saya tidak menghabiskan obatnya karena setiap saya mengonsumsi obatnya saya merasa sesak napas dan ingin muntah. Saya berhenti minum obat 5 hari yg lalu.. Setelah saya berhenti minum obat, saya merasa baikan sekarang.. Tetapi kadang kepala saya masih pusing dan badan saya kadang juga terasa lemas.. Apakah tipes saya sudah hilang ?

    • Pusing dan lemas masih termasuk gejala tipes, bukankah sebaiknya Anda kembali periksakan diri Anda ke dokter? Dan coba konsultasikan keluhan Anda pada saat mengkonsumsi obat dokter tersebut. Semoga membantu πŸ™‚

    • tidak bisa tidur pada saat sakit biasanya karena gejala penyakitnya menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman (demam/panas-dingin dsb)
      untuk mengatasinya sebaiknya lakukan perawatan atas sakitnya periksakan ke klinik atau dokter. Semoga membantu πŸ™‚

  29. kata dokter saya kena tipes, tapi sudah seminggu lidah masih terasa pait dan minum air putihpun rasanya seperti minum obat,tolong kasih saran dong . terimakasih

      • Aktivitas termasuk belajar di rumah?
        Saya sudah 2 miggu lebih terkena tipus dan saja juga sudah terlanjur mengomsumsi pir, karenna saya tdk tau klo tdk blh makan itu sblm mmbaca artikel ini. Jadi bagaimana? Apa lidah saya bisa kembali normal warnanya?

        • Jika masih merasa lemas, sebaiknya beristirahat total. Jika sanggup untuk belajar tidak masalah, konsumsi buah pengganti pir dengan pisang, pepaya, anggur dan buah naga. Semoga lekas sembuh.

  30. Ass,ini aku mira, mau tanya nih kata dokter aku gejala tipes, udah 12 hari demam,dingin demam,dingin. Gitu aja terus, saya sekarang sedang memakan obat dari dokter yang kebetulan masih sodara sayah, dibantu dengan air cacing yang katanya kalau kena tipes minum air cacing dapat membantu. Yang dominan panas sekarang telapak tangan dan kaki kalau telapak kaki+telapak tangan sedang panas lalu saya memakai selimut jadi ke semua tubuh juga jadi ikut panas, saya tidak mual muntah, cuma susah bab,pusing sama batuk ditambah kondisi badan yang tidak menentu yang kadang panas dan kadang dingin. Tolong saya gimana caranya agar cepat sembuh karna sebentar lagi saya mau ujian nasional . Tolong bantuannya

    • Untuk pengobatan tipes, kami rekomendasikan saat ini dengan “Colostrum Nutrient Capsule” merupakan suplemen herbal dari Green World yang bisa membantu menyembuhkan tipes secara alami.

      Untuk mendapatkannya silahkan lakukan pemesanan dengan format seperti :

      Ketik: HH-CNC : Nama Anda : Alamat Lengkap : Jumlah Pesanan : No.Hp/Tlp.
      Kirim ke 085 223 808 444 (sms) BB 2B364191 (bbm)

      (format HH-CNC wajib dicantumkan karena merupakan kode dari produk)

      • Admin mau tanya kalo hasil widal
        S.typhi O +1/80
        S.typhi H +1/320

        Apakah types nya sudah parah …skrg sering perutnya panass dan pusing sementara obat dokter abis bagaimana biar cepet sembuh tanpa hrs kedokter lg

        • Mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan hasil widal Anda.

          Namun, jika Anda ingin sembuh dari tipes namun enggan pergi kedokter silahkan mengobati tipes dengan alternatif lain. Kami memiliki produk suplemen herbal, yang dapat membantu penyembuhan tipes, nama produk tersebut adalah Cow Colostrum Nutrient Capsule.

          Colostrum Nutrient Capsule merupakan suplemen khusus yang dapat membantu menyembuhkan penyakit yang salah satunya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus, seperti tipes. Terbuat dari ekstrak kolostrum segar yang memiliki beberapa khasiat jika dikonsumsi, seperti :

          #Meningkatkan kekebalan tubuh, membasmi penyakit tipes, mengurangi alergi dan intensitas timbulnya penyakit.
          #Mencegah infeksi saluran pernapasan dan pencernaan anak-anak, memperbaiki kondisi fisik lemah dan penyakitan, sering flu dan batuk, kinerja lambung dan usus kurang bagus.
          #Memelihara otak, memacu pertumbuhan, menambah kepintaran, mencegah pikun.
          #Mencegah pembentukan flek, menambah elastisitas kulit, memperkuat hati, menambah darah, mempercepat proses penyembuhan setelah sakit, operasi atau bersalin.
          #Menunda penuaan, mencegah osteoporosis, menambah kepadatan tulang, mencegah melemahnya daya ingat, menjaga kestabilan kerja saraf dan melemahnya kinerja saraf.

          Pemesanan produk Colostrum Nutrient Capsule bisa dilakukan via sms / bbm dengan format pemesanan :

          Ketik: HH-CNC : Nama Anda : Alamat Lengkap : Jumlah Pesanan : No.Hp/Tlp.
          Kirim ke 085 223 808 444 (sms) BB 2B364191 (bbm)

          Contoh pemesanan :
          HH-CNC : Lidia : 2 botol : Jl. Raya Celuk No.25, Sukawati Gianyar Bali : 082.123.xxxxx
          Kirim ke 085 223 808 444 (sms) BB 2B364191 (bbm)

          Pastikan untuk mencantumkan format pemesanan β€œHH-CNC” dalam pesan agar dapat TERDETEKSI oleh komputer admin kami dan pemesanan bisa segera kami proses.

          Semoga membantu πŸ™‚

        • QnC Jelly Gamat tidak berbentuk kapsul, QnC Jelly Gamat merupakan herbal food suplemen yang berbentuk seperti jelly/madu, lebih mirip putih telur dengan warna jernih/bening.

  31. Min….saya kena tipes..pusing panas sakit kepala…sudah ke dokter
    setelah 3 hari kena flu berat…pusing panas sakit kepala bersin2 sama mbeler..
    Nah bingung mau nghabisin obat tipes dlu apa minum obat flu

  32. Min, ini ada tmen yg lagi kena tipes..
    Badannya meriang gitu.
    Boleh gak dia minum kopi soalnya dia biasanya suka minum kopi

    • sampai sekarang masih sakit tipes? sudah diperiksa ke dokter? Mungkin hanya gejalanya yang mirip tipes, itu bisa saja tipes atau penyakit lain. Segera lakukan pemeriksaan ya bapak.

  33. pagi pak, mau tanya..sya dan anak sya penderita tifus dan berdasarkan hsl lab tubex skala 6 dr 10..apakah itu berbahaya?.krn sya tanyakan dr spa anak sya, beliau blg tdk apa asalkan jaga pola mkn stlh keluar dr RS..yg sya ingin tanyakan brp lamakah proses penyembuhan bg penderita tifus?..dan kalau sya sdh tdk cek up krn ketika konsumsi obt dr dktr sya malah merasa lbh skt dan tdk bs berjalan akhirnya sya putuskan utk mengkonsumsi air kelapa ijo selama 10hr, skrg sdh hr ke 4 sya konsumsi dan alhamdulillah sdh enakan tp keadaan bdn sya msh krg nyaman, pandangan mata kiri sya agk kabur dan perut msh sakit di bagian atas dan kiri, mual msh ada..bagaimana pak?..apakah sya msh positif tifus?..

    • Berapa lama proses penyembuhan tipes pada seseorang tergantung kondisi tubuh pasien sendiri, kadang ada yang seminggu langsung sembuh jika kondisi tubuhnya kuat, dan bisa saja lebih. Jika Anda sudah menghentikan pengobatan tanpa persetujuan dokter dan sekarang malah merasakan sakit yang berbeda dan bermacam-macam sebaiknya segera periksakan lagi kondisi Anda, dikhawatirkan itu bukan hanya penyakit tipes, atau mungkin gejala dari penyakit lain. Tidak boleh diabaikan ya, segera lakukan pemeriksaan.

  34. Mau tanya anak saya terkena tipes.panasnya turun naik.skrng udah 7 hari .tp sekarng muka dan punggung nya merah2.itu alergi obat atau penyakitnya mulai membaik.

  35. Saya punya gejala tipus. Tp dkter minta tes darah ama widal katanya hasilnya negatif tipes…. dkasih obat tp gk sembuh.. karena bukan obat tipes… padahal gejala ciri2 orang tipes dh bener2 aku rasakan… kenapa dktr trlalu prcya ama hasil lap… padahal hasil lap blm tentu bener…

    • Mungkin memang bukan gejala tipes kalau nilai widal masih dibilang normal menurut hasil tes, tapi Anda setidaknya periksa ke lebih dari satu dokter jika masih ragu-ragu πŸ™‚

    • Pada artikel diatas sudah jelas tahu dan tempe diperbolehkan, lama sembuh dari penyakit tipes ini tergantung kondisi pasien sendiri, biasanya dalam waktu seminggu sudah sembuh πŸ™‚

  36. Kk anak sy kena tipes udh 5 hr,,udh periksa kedoktr,,panasx turun naik batuk g kunjung hilang,,makanan n minuman apa saja yg bagus untuk penyembuhan tifes,makasih

    • makanan dan minuman untuk mempercepat penyembuhan tipes, saya rasa jenis makanan yang seperti Anda maksud tidak ada, yang ada mungkin hanya beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi penderita tipes, contoh makanan tersebut secara lengkap ada pada artikel diatas. Untuk penyembuhan tipes, kami sarankan beri anak obat herbal QnC Jelly Gamat.

    • Ini adalah penjelasan yang saya temukan dari forum kesehatan

      “Jika penderita tipes banyak bergerak bisa membuat suhu badan naik dan kuman akan terus berkembang biak masuk ke dalam darah. Banyak bergerak juga tidak baik karena orang dengan tipes sedang mengalami masalah ususnya yang sedang ringkih yang bisa makin sakit jika banyak gerak.”

      Semoga membantu πŸ™‚

  37. Maaf min mau tanya 2hri yg lalu sy priksa ke dokter dan diagnosa tipes dan asam lambung tinggi,sy hanya boleh makan yg halus dan tdk diperbolehkan semua buah”an sy ikuti saran dari dokter cuma makan roti tawar dan teh manis hangat sesekali bubur nasi,tp sy merasa badan smkin lemes,mual g bs muntah,g bs BAB,susah tdr dan keringatan trus,ada solusi g tambahan asupan makanan spy sy punya kekuatan
    NB: karna saat tipes sy g pernh bs minum air putih sesekali sy minum pocari dan larutan penyegar dg rasa buah

    • mual, muntah, lemas dan susah bab itu karena penyakit tipes itu sendiri, untuk makanan sebaiknya ikuti saran dokter. Minuman pocari tidak akan berpengaruh dalam penyembuhan jika dikonsumsi oleh penderita tipes, hanya sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang (dehidrasi).

  38. min, klo sakit tipes boleh kosumsi roti kyk sari roti nggak,, trus biasanya pemulihan total untuk sakit tipes butuh berapa lama?

    • roti jenis tawar? tawar basah lebih bagus, pemulihan tergantung pasien, bisa seminggu atau lebih. Jika lebih dari dua minggu sebaiknya lakukan pemeriksaan lagi. Semoga membantu πŸ™‚

  39. Jika perut sudah mendingan tdk terasa sakit.namum badan maaih terasa lemas.sudah hampir 2minggu terkena pentakit tipes ini..apakah tanda tanda akan sembuh ?

  40. min.mau tnyak.anak sya berumur 3th.dan positif typus.dah 1minggu rewel.panas tinggi.padahal sdh periksa kdokter.slaen obat kimia dri dokter apa ad obat herbal buat penderita typus pda anak?terimakasih

    • iya ibu, saat ini saya akan rekomendasikan obat tipes untuk anak yang herbal dan 100% aman dikonsumsi adalah QnC Jelly Gamat. Anda bisa mendapatkannya sekarang juga cukup dengan mengirim pesan via sms / bbm.

      Begini caranya :

      Ketik QNC-OSH : Nama Anda : Jumlah Pesanan : Alamat Lengkap : No. Hp/Tlp.
      Kirim ke 085.223.944.949 (sms) 54A88110/53227614 (bbm)

      Contoh :
      QNC-OSH : Qibtiyatul Hasanah : 2 botol : Jl. Ampera No. 90 Tasikmalaya Jawa Barat : 081.312.xxxxx
      Kirim ke 085.223.944.949 (sms) 54A88110/53227614 (bbm)

      nah, untuk khasiat yang dan bagaimana QnC Jelly Gamat sembuhkan tipes, lihat artikel nya disini : Obat Tipes

      Semoga membantu πŸ™‚

  41. Salam pak. mau tanya pak.. klw penderita typus diperbolehkan makan daging sapi tidak pak sama obat penurun asam lambung.. terimakasih

    • sebaiknya penderita tipes kalau ingin makan daging, makanlah daging ayam kukus. Untuk obat asam lambung, bisa dikonsumsi asal diberi jangka waktu 1 – 2 jam dari penggunaan obat tipes. Semoga membantu πŸ™‚

  42. Min, saya mau tanya,, anak saya kena tipes,, panas nya dari 1mgg yh lalu (hari senin sore) hari ke 4 (jumat malam) saya bawa ke rs dan d opname , hari ke 5 (sabtu) suhunya stabil .. smpai hari ini senin ,, kondisi nya juga sudah terlihat segar , suhu nya rata 36, … , makanan yg d berikan rs juga sudah nasi tim daging2, soup, hunkue,, yg saya tanyakan ,, apakah anak saya sudah sembuh,, dan apakah bisa kambuh lagi?

    • Kalau sedang di opname, jika sudah sembuh pasti sudah bisa diperbolehkan pulang. Tipes bisa kambuh lagi jika penderitanya tidak menjaga kesehatan dengan baik. Semoga membantu.

    • berdasarkan artikel lain buah naga bagus untuk melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan serat tinggi, tapi untuk penderita tipes saya belum tau boleh atau tidaknya. Tapi sepertinya dikonsumsi pun tidak masalah, semoga membantu.

    • Coba periksakan lagi kedokter, mungkin ada gangguan lainnya di usus bapak. Semoga membantu dan lekas sembuh ya πŸ™‚

    • Lebih baik daging lembut olahan sendiri, karena kornet biasanya daging kalengan yang memiliki kandungan pengawet di dalamnya.

  43. rekan saya menderita tipes. namun dokter mengatakan tidak ada pantangan. akhirnya rekan saya makan biskuit yang ada krim kacang maupun krim coklatnya. apakah boleh?

  44. Maaf anak saya umur 2,9th d anjurkan untuk makan bubur nasi saja sama dr ,stlh 2hr panas akhirnya hari ke3 panasnya reda dan sudah mulai main dan lari larian seperti biasa. Apakah sakitnya sudah sembuh? sampai kapan anak saya harus makan bubur nasi sama marie terus ?soalnya anak saya sudah mulai bosan.tq

    • Jika memang anak sudah kelihatan baik dan sehat, ibu sudah boleh memberikan makanan seperti biasa. Semoga bermanfaat πŸ™‚

  45. Min, saya mau tanya temen saya kena tipes 4 hari yg lalu demammnyansudah turun, tp sampe sekarang pusingnya belom hilang, apakah temen saya masih kena tipes?

      • Saya mau nanya lagi min, sebenernya dikatakan ayam boleh dikonsumsi, tp dibagian yg tidak boleh, ayam jug ada min, ayam bagaimana maksudnya yg boleh atau tidak boleh dikonsumsi?

        • Nah untuk ini, cara memasaknya saja. Jangan dulu beri ayam yang digoreng, dibakar dll. Sebaiknya ayam diolah menjadi makanan lunak saja. πŸ™‚

  46. Min, saya udah positif typus, tadi makan ketoprak dimarahin sama temen2

    Memangnya ga boleh kalo makan ketoprak yah?

    Sekarang saya jadi ga doyan nasi, untuk makan nya juga ngga sampai habis.

    Sama nyeri otot di sebelah atas bagian belakang lutut bagian kiri itu ada hubunganya dengan typus?

    • Lebih baik makan-makanan yang bersifat halus saja dan gampang dicerna usus ya sodara wahyu, nah nyeri otot sendiri sebenarnya tidak ada hubungannya dengan tipes, yang saya tau penderita tipes hanya mengalami lesu dan badan lemah, tapi nyeri otot tidak.

  47. Min mau tanya saya sudah sakit tifus selama seminggu, apakah boleh mengonsumsi saos tomat botolan sebagai pelengkap makan?
    Terimakasih

    • Tergantung kondisi pasien dan kemauan pasien sendiri, tapi sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi nya seperti apa, jika memang dikondisikan parah sebaiknya dirawat, jika masih bisa dirumah, tidak masalah asal pengobatan tetap dijalankan.

  48. Sayaaa setiap bulan april pasti kena tipes dan sudah yg kedua kali, sekarang sudah 5 hari, saya cuma bisa makan agar_agar apa boleh ???

    • boleh, asalkan agar-agarnya buatan sendiri dan tidak mengandung bahan pengawet makanan atau pewarna, sudah mencoba pengobatan dengan QnC Jelly Gamat? Obat herbal Alami menyembuhkan sakit tipes.

    • Di atas sudah dijelaskan makanan apa saja yang diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita tipes mba, budayakan membaca, terima kasih πŸ™‚

  49. Maaf sy mau tanya,, anak sy 12 thn positive tipes, saat ini masuk hari ke 2 dan sedang sy rawat dirumah dgn obat2 dari doktr, yg mau sy tanyakan adalah, bagaimn jarak waktu pemberian obat doktr dgn susu bear brend, bukankah susu itu bersifat menetrlkan obat? dan mengapa susu ini sering dianjurkan bagi penderita tipes,, makasih jawabanya,,, πŸ™‚

    • Pemberian susu dengan obat bisa Anda beri jeda 1 – 2 jam, sesudah minum obat. Saya sendiri kurang mengetahui mengapa susu bear brand ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes, namun yang saya tau bahwa memang susu bear brand ini memiliki kandungan beberapa Vitamin di dalamnya.

  50. Maaf min, saya mau bertanya. Untuk sumber KH lebih baik nasi di buburkan. Kalau bubur instant boleh tidak min? Maaf saya masi kurang mengerti.

    • Sayang sekali saya belum menemukan artikel lain yang menyebutkan boleh tidaknya penderita tipes mengkonsumsi buah naga merah. Lebih baik penderita tipes memakan buah-buahan seperti pisang, alpukat, jeruk yang telah dibuang kulit arinya dan pepaya. Semoga bermanfaat.

  51. min, sy seminggu kemarin di infus krn typus. tp badan sy masih lemas apa lg kalo berdiri. padahal makanan sy udh di jaga dan jg olahraga teratur.
    terus kemarin di kasih obat sm dokter, tp menurut sy krn obat itu perut sj jd makin mual, boleh gak kalo obatX aku ganti dengan ekstrak cacing tanah?

    • silahkan, tapi sebaiknya hentikan dulu penggunaan obat dokter tersebut. Namun jika tetap masih mual dengan obat cacing, saya rekomendasikan dengan QnC Jelly Gamat. Info pemesanan, klik DISINI

    • yang pertama tentu tidak boleh telat makan, tidak boleh makan berlebihan, tidak boleh makan-makanan yang memiliki rasa kuat (terlalu pedas atau terlalu asam), hindari makanan yang bisa menimbulkan gas didalam perut. Cukup konsumsi makanan sehat sayur, daging, dan buah yang seimbang. QnC Jelly Gamat bisa kok membantu menyembuhkan tipes, sakit maag dan lever. Sangat direkomendasikan πŸ™‚

  52. Min , saya kena tipes tapi blom ad seminggu , kenapa saya merasa mual trus ingin muntah dan batuk2

    • Iya, mual, muntah dan batuk termasuk indikasi dari gejala tipes. Segera lakukan pengobatan untuk menghindari dari gejala yang makin serius.

  53. Min numpang tanya yaa, dokter bilang aku gejala tipes. Tapi dari prtama periksa sampe kontrol trombositku malah makin turun. Kalo kontrol lagi trombosit ttep trun, dkter bilang aku hrus rawat inap. Gmna cara mningkatkan trombosit untuk tipes min? Pdahal mnurutku minum air ptih uda ckup. Makasiihhh

    • Trombosit turun apakah sudah benar termasuk gejala tipes? Mungkin bukan dari tipes, coba periksa kembali. Jika benar, segera lakukan pengobatan yang tepat, untuk mengatasi trombosit turun memang salah satu cara dalam menaikan adalah konsumsi air yang cukup. Tapi jika hanya mengkonsumsi air putih saja itu mungkin hanya akan membantu sekitar 50%nya saja. Gunakan cara lain, atau tambahkan cara lain agar dapat menaikan trombosit.

  54. Min saya mau minta saran..saya itu suka sekali dengan buah semangka..sekarang saya lagi sakit terkena tipes..boleh gak min saya makan semangka.??

  55. Min, mau tanya, aku dah sakit panas tinggi, mual, lidah putih, buat makan tidak enak ( pahit), kaki semutan, makan pokoknya tidak enak, apa ini penyakit typus?

    • Sepertinya gejala yang disebutkan terlalu umum, itu bisa saja bukan tipes karena jarang ditemukan gejala tipes dengan kesemutan. Coba periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya, jangan ditunda ya.

  56. Min, ini sudah hari ketujuh saya sakit typus lemas sudah berkurang dan demam tidak terlalu lama hanya saja perut sebelah kiri masih sakit saya harus gimana ya apakah saya sudah hampir sembuh?

    • Iya, benar sekali itu merupakan gejala hampir sembuh. Jika Anda ingin lemas cepat hilang, sakit perut dan demam mereda, QNC Jelly Gamat dapat membantu Anda, selain membuat kesehatan tubuh lebih baik, juga sembuh dengan optimal πŸ™‚

  57. Pagi pak, saya kan skrg sedang terkena penyakit tipes, dan saya sedang melakukan penyembuhan dengan meminum obat, namun badan saya terasa gatal” dan tidak hilang, kenapa yaa?

    • Pegal memang termasuk ciri bahwa Anda sedang menderita sakit tipes. Untuk memulihkan kondisi kesehatan dan cepat sembuh dari tipes Anda bisa mengkonsumsi QNC Jelly Gamat, dikonsumsi berdampingan dengan obat dokterpun tidak masalah asal diberi jeda 1-2 jam, sebelum atau sesudah mengkonsumsi obat dokter. Semoga membantu dan lekas sembuh ya πŸ™‚

      • saya sudah 3x terkena thypus,untuk yg pertama di rawat di rumah smpe 2 bln lamanya,sementara yg ke 2 dan ke 3 butuh perawatan di rumah sakit,dengan jarak yg berdekatan,sekarang saya baru 2bln keluar dr rumah sakit,tp perut saya terasa panas seperti mendidih,trus mual dan pengen muntah…apa ini reaksi dr thypus lg?saya mohon jawabannya…karena saya cukup cemas dgn sakit thypus ini

        • Mba nila punya sakit maag atau asam lambung juga? Saya tidak pastikan benar itu gejala thypus atau maag/asam lambung karena saya bukan dokter mba, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di puskesmas/rumah sakit terdekat. Semoga lekas sembuh πŸ™‚

  58. Diagnosa sy typus trs demam sdh trn cmn knp lidah saya msh sj klhat tebal gt wrnh putih kekuni2gan trs ditgh2 adh luka kira2 stgh senti jd kl makan tras pedih bgt..jd sy minum cap kaki 3 dn kumur2 laserin .aph gk pengaruh itu min.mohon penjsnny??

    • Lidah luka bisa saja terjadi karena kondisi tubuh Anda yang sedang tidak sehat, biasanya orang awam menyebutnya panas dalam. Tidak ada masalah dan tidak akan berpengaruh pada tipes Anda. Semoga lekas sembuh πŸ™‚

  59. permisi pak, skrang saya sdang kena gejala tifus, mulai lusa kmrin meriang, kmrin sore baru priksa ke mantri dan katanya gejala tifus, panas sudah turun, tapi sya bgung diare kok g bs brenti ya? mau kentut harus ke wc karna cmpur cairan. terus begitu dri lusa kmrin, apakah ini bawa’an dr tifus atau gmna? dan biasanya sampai berapa lama diare air sperti ini?
    trmksh.

    • Benar sekali penderita tipes memang bisa mengalami gangguan pencernaan diantaranya diare, bahkan sembelit pun bisa terjadi. Untuk waktu berapa lama saya tidak bisa memprediksikan, mungkin akan segera membaik jika kondisi Anda mulai pulih.

  60. Met pagi Admin
    Terima kasih atas info baik di blog ini
    Mohon info anak saya 4,6 thn
    Sekarang sedang sakit Typus
    Panas tinggi tidak berhenti selama 5 hari ini tidak berhenti sdh minum antibiotik namun ada gejala DBD juga
    Mohon penjelasan konsumsi makanan dan obat apa untk anak saya
    Thx Min

    • Selamat pagi bapak,
      saya akan bantu bapak, mohon maaf kalau saya masih banyak kekurangan tentang pengetahuan ini. Karena anak Anda masih dalam kategori balita pilihlah makanan baik seperti pada artikel diatas (tolong Anda baca seluruh artikel) karena akan sangat membantu. Beberapa makanan diatas yang telah tertulis disebutkan contoh makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita sakit tipes. Nah, kami juga menawarkan solusi untuk bapak dalam membantu pengobatan tipes anak bapak dengan QnC Jelly Gamat. Anda tidak perlu khawatir karena QnC Jelly Gamat adalah obat tipes herbal yang alami, aman bahkan dikonsumsi anak balita. Semoga dapat membantu dan lekas sembuh. πŸ™‚

  61. Assalamualaikum min maaf mau tanya untuk mengkonsumsi air sop apakah boleh untuk pendamping nasi bagi penderita tipes ?

    • waalaikum salam bapak, iya tidak masalah asal tidak terlalu banyak dicampur dengan bumbu penyedap rasa instant ya. Semoga lekas sembuh πŸ™‚

  62. Permisi saya mau bertanya. Sebelumnya saya pernah mengalami typus.. dan sekarang saya mengalaminya lagi. Sudah dua hari ini. Yang ingin saya tanyakan mengenai gejalanya. Saya mengalami pusing hebat. Dan menggigil. Tadi malam saya juga tidak kuat berdiri. Dan jatuh. Pandangan saya menjadi hitam begitu saja. Apakah gejala typus sampai seperti itu? Terimakasih

    • Gejala penyakit tipes memang bisa menyebabkan pusing dan menggigil, akan tetapi berdasarkan sumber yang saya dapat penyakit tipes yang memang tergolong sudah parah terkadang bisa menyebabkan penderitanya pingsan dan terjatuh. Jika Anda ragu, mohon segera lakukan pemeriksaan ulang ke dokter dan konsultasikan mengenai gejala yang Anda rasakan. Semoga jawaban saya bisa membantu, semoga Anda lekas sembuh πŸ™‚

  63. Maaf saya bertanya. Saya sakit gejala tifus selama 5 hari dan hari ini terus mengeluarkan keringat dingin. Apakah hal tersebut proses penyembuhan atau reaksi obat antibiotik? Kira-kira akan hilang dalam waktu berapa lama? Terimakasih atas perhatiannya

  64. assalamu’alaikum.
    saya mau tanya. kalo kena penyakit typus kan diatas katanya tidak boleh makan yg berserat tinggi. Tapi kalau jelly boleh atau tidak? soalnya sudah beberapa hari ini kalau makan itu malah muntah. terus semalam sampai pingsan. makanan apa yang dianjurkan untuk yang seperti itu? sedangkan makan apapun kecuali jelly malah muntah.
    Terimakasih sebelumnya

    • Sebaiknya, untuk menjaga kesehatan usus terlebih dahulu, selama Anda masih sakit tipes konsumsi lah makanan-makanan yang lunak dan mudah dicerna. Atau jika Anda ingin makan nasi, pastikan dengan sayur/berkuah, lalu kunyah sampai benar-benar lembut.

  65. Selamat sore min.
    Min saya mau tanya, saya 4 hari ngalamin panas dan dingin yg luar biasa, kepala pun sangat pusing . Akgir nya saya berobat ke rumah sakit kemudian tes darah dan hasil nya saya positif tifus . Lalu saya di rawat sema 3 hari. kemudian skrng saya sudah boleh pulang. Sekarang sudah 4 hari di rumah dan sudah mulai membaik. Apa kah sekarang saya sudah boleh makan nasi dan mkanan yg sedikit pedas min? Terimakasih

    • Jika dirasa mulai membaik diperbolehkan, asal pelan-pelan dan jangan langsung makan-makanan yang terlalu pedas ya.

    • Pocari sweat adalah minuman ion yang dibutuhkan untuk seseorang dengan kurangnya cairan tubuh / dehidrasi. Penderita tipes/tifus juga mengalami badan lemas / lelah karena kekurangan cairan, akan tetapi lebih bagus lagi jika tidak diberi minuman ion tersebut karena kandungan asam sitrat di dalamnya yang bisa saja mempengaruhi lambung penderita Tipes. Semoga membantu πŸ™‚

    • Untuk ibu Intan, berhubung tipes yang adik Anda derita masih berupa gejala, tidak ada salahnya jika ia diberikan obat herbal QnC Jelly Gamat. QnC Jelly Gamat secara efektif akan mematikan bakteri penyebab penyakit tifus di ususnya.

    • Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi ikan, bisa diolah menjadi sup. Untuk menjaga ususnya terlebih dahulu. Baru setelah sembuh diperbolehkan πŸ™‚

  66. Min kalau saya mau ngasih coklat ( silverqueen) untuk penderita sakit tifus yg sudah mulai sembuh , itu dibolehin ga ?
    Terimakasih

    • Kalau struktur roti tersebut cukup halus boleh, kalau tidak pastikan dikunyah sampai benar-benar halus ya πŸ™‚

  67. Min saya mau tanya nih. Saya panas dan suhunya 39.4 ditambah rasa pusing perut yg bunyi(bukan karna lapar) dan kadang nyeri pada kaki makanpun rasanya ga enak dan saya makannya jg sedikit. Saya udh periksa ke dokter trus diambil darahnya buat dicek dan hasilnya saya kena tifus ringan. saya gaboleh makan yg berserat seperti pepaya brokoli. Besoknya saya periksa lagi katanya boleh makan yg berserat saya bingung sebenerbya boleh apa ngga makan yg berserat. Minta sarannya dong min saya bingung apa aja pantangannya dan hal2 yg gaboleh dilakuin? Dan pil cacing vermino plus apa boleh dimakan juga?thx min

    • Sebenarnya pantangan ada itu sendiri tergantung pada penderitanya, kondisi tubuh dan seberapa parah penyakit yang dideritanya. Termasuk penyakit tipes. Dalam artikel diatas, hanya diperbolehkan makanan yang mengandung serat tapi jumlahnya rendah. Jika dokter Anda melarang untuk mengkonsumsi makanan berserat, jadi sebaiknya tidak untuk Anda. Untuk pil cacing vermino plus saat ini saya belum mengetahui benar tentang obat tersebut. Mohon maaf, semoga jawaban saya membantu πŸ™‚

  68. Dua thn yll ankku kena typus cukup serius dan dirawat di RS..kl dia bnyk mikir (bnyk PR/ pelajaran dll) mengeluh perutnya sakit dan kakinya lemes..apakah ini tanda2 typusnya kambuh?? Kl sdh istirahat..biasanya sakit perutnya hilang..apa yg hrs sy lakukn…ini krn typusnya atau beban pikirannya..mksh

  69. Min saya mau tanya nih. sya kmrin kedokter katanya kena gejala tipes.
    udah 4 hari masih kembung aja ya prrut. trus 2 hari blm BAB. padahal udah minum obat dari dokter.
    gmn cara mengatasinya??

    • Coba bantu dengan konsumsi makanan berserat, atau kami rekomendasikan dengan QnC Jelly Gamat, suplemen / obat yang membantu mengatasi susah buang air besar, juga tipes yang Anda alami. Semoga membantu πŸ™‚

    • Harga untuk 1 botol QnC Jelly Gamat : Rp. 155.000,- (belum termasuk ongkir)
      Pembayaran setengahnya bisa asal pesan 2 botol dulu, sisanya setelah barang sampai. Info selengkapnya hubungi admin πŸ™‚

      Cara pesan QnC Jelly Gamat bisa langsung menghubungi admin kami di 085.223.944.949, atau jika ingin lebih mudah tinggal kirim pesan via sms, contohnya:

      Ketik KODE PRODUK : Nama Anda : Jumlah Pesanan : Alamat Lengkap : No. Hp/Tlp.
      Kirim ke 085.223.944.949
      Pin BB: 53227614
      Whatssapp 085.223.944.949

      Contoh : KODE PRODUK : Saraswati : 2 botol : Jl. Ampera No. 90 Tasikmalaya Jawa Barat : 081.312.xxxxx

      #note kode produk : QNC-OSH

      Pastikan untuk mencantumkan kode produk “QNC-OSH” dalam pesan agar pemesanan bisa langsung kami proses.

      Kalau sudah kirim pesan, nanti admin akan membalas berapa total pembayaran yang harus dibawayar. Uangnya bisa ditransfer melalui beberapa rekening kami. πŸ™‚

    • sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lembut-lembut terlebih dahulu, untuk jagung Anda bisa mencoba mengolahnya menjadi bubur terlebih dahulu. Semoga membantu πŸ™‚

  70. Min mau tanya, saya kena tipus dan 3 hri rwat inap. Setelah seminggu si rumah saya minum es coklat dan mkanan kasar. Lalu lrut saya sangt sakit seprti di kulit dan muntah, llu lemas lg dan demam lagi. Apakah typus sya kmbuh? Dan apkah di prbolhkn untuk ttp sktivitas kuliah?

    • Mungkin tipes yang sodari Yulia derita belum sembuh benar, makanya terasa lemas dan demam lagi. Sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan lunak yang memudahkan usus mencerna makanan lebih baik. Jika dirasa tidak kuat untuk kuliah, Anda bisa beristirahat lebih lama, pastikan jika terasa benar-benar sehat, baru Anda boleh menjalankan aktifitas seperti biasa.

  71. Min, kalo sakit types udah agak mendingan sembuh 2 hari boleh makan mie instan dan es krim apa engga? Makasih

    • Selamat pagi, feses berwarna merah (berdarah) penyebabnya banyak sekali, diantaranya pendarahan rektal akibat sembelit dan wasir, sakit maag, Divertikulitis, inflamasi usus, cedera internal, kanker usus dll. Jika begitu sebaiknya Anda periksakan ulang kondisi Anda, takutnya bukan berasal dari tipes. Semoga membantu πŸ™‚

    • Jika disertai mencret / diare sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lembut dan gampang dicerna usus, jangan dulu mengkonsumsi makanan berat, dan susu.

  72. Admin.. aku baru 1 minggu ini keluar rumah sakit habis dirawat karna tipes.. aku mau nanya apa bener tipes itu menyebabkan rabut rontok.. dan kenapa tidak boleh makan ayam min…
    Dirumah sakit aku sering makn ayam makanan dari rumah sakit pula.
    Gimna tu min..

    • Mengkonsumsi ayam diperblehkan, hanya harus dimasak dengan cara di sup, agar lembut atau dibuat campuran untuk bubur tim. Soal sakit tipes yang menyebabkan rambut rontok di beberapa pasien memang terjadi hal tersebut, dan ya, itu akibat dari penyakit tipes yang Anda alami.

  73. Saya sudah 23hr mengalami gejala tifus. Ntah kenapa sampai 23hr ini badan Saya rasa nya masih lemas, masih belum kuat untuk beraktivitas apalagi kerja. Kira-kira ada kesalahan apa pada diri Saya ?

    Mohon arahannya.
    Thx.

    • apakah sudah diperiksakan ke dokter? Jika belum sebaiknya segera periksakan, jika iya pastikan untuk saudara Arifin beristirahat selama sakit. Jika tetap sudah melaksanakannya tetapi masih terasa lemas, kami rekomendasikan untuk Anda mencoba mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

    • Tergantung kondisi pasien, bagaimana pendapat dokter Anda boleh tidak makan spaghetti? Menurut admin sih lebih baik makan-makanan sehat dulu ya πŸ˜€

    • Istirahat, hentikan aktivitas dulu ya pak. Istirahat total, minum obat sesuai anjuran dokter, bila perlu kami rekomendasikan QnC Jelly Gamat agar dapat mempercepat penyembuhan tipes dan gejala lainnya. Semoga lekas sembuh πŸ™‚

  74. Min saya penderita tipus stadium 4
    Saya mau nanya klo orang tipus mandi pas subuh boleh gak?
    Trs klo mendaki boleh gak min?
    Mohon penhelasannya min

    • Penderita tifus yang sudah stadium 4 harusnya beristirahat total di rumah, apalagi mendaki, sebaiknya menunggu sampai benar-benar sembuh ya, dikhawatirkan bisa terjadi pendarahan usus. Untuk masalah mandi, mandilah dengan air hangat, dan jangan terlalu dini hari, tunggulah sampai jam 6/7.

    • Jika sudah tidak merasa pusing, demam hilang, dan merasa bugar, ada kemungkinan Anda hampir sembuh, jaga kesehatan ya mba πŸ™‚

  75. Min mau nanya saya udh tiga hari yg lalu saya sakit panas turun panas turun
    Di sertai badan lemas sakit kepala n mual tapi perut saya kerasa kenyang tidak kmbung.apakah itu mksdnya sakit types min?mksh

    • dari gejalanya, itu bisa saja tipes, tapi bisa juga asam lambung. Jika tidak yakin sih sebenarnya periksakan dulu kondisinya pada dokter. Biar nanti tau apa yang jadi penyebabnya, kangan ditunda ya πŸ™‚

    • dilihat dari gejalanya, ada beberapa kemungkinan yaitu infeksi usus, gangguan pankreas, limpa, batu ginjal dan infeksi ginjal. Sebaiknya segera periksakan kondisinya ya, jangan ditunda πŸ™‚

  76. Anak saya umur 6 th sakit tipus, bibir kering pecah2, boleh ngak minim adem sari, karena seperti panas dalam.? Mohon jawab. Thanks

  77. min mau tanya, kalau antibiotik yang ampuh untuk tipes itu lebih baik thiamphenicol atau cefixime?
    soalnya sekarang saya sedang tipes, tapi dari rumah sakit memberikan cefixime sedangkan dokter klinik langganan ibu saya memberikan thiamphenicol

    • Sebenarnya saya kurang paham tentang penggunaan jenis antibiotik dari dokter, tapi jika melihat pemberiannya berbeda dari dokter yang berbeda pula, mungkin dokter melihat kondisi pasien (yang berbeda-beda) dan terkadang memang tidak akan sama satu dengan lainnya.

    • Untuk mencegah kemungkinan lebih buruk, sebaiknya konsumsi makanan yang lembut dan gampang dicerna usus. Jika ingin makan tempe goreng, sebaiknya kunyah sampai benar-benar lembut.

  78. Min mau tanya , tadikan disebutkan buah jambu biji nggak boleh untuk penderita tipes . Tapi jika buah jambu bijinya di jadikan jus dan tanpa gula apakah boleh diminum untuk penderita tipes ?
    Terimakasih

  79. Min saya sedang terkena penyakit tipes dan asam lambung, apa boleh konsumsi singkong mentah yang diparut, katanya bagus untuk asam lambung, trus apakah konsumsi bear brand tidak memicu asam lambung ? Makasih sebelumnya

    • dari beberapa artikel yang saya baca, singkong memang bagus untuk asam lambung. Untuk susu cap beruang ini juga aman-anam saja dikonsumsi dan tidak menjadi pemicu asam lambung. Terima kasih sudah berkunjung πŸ™‚

  80. min saya mau tanya, saya habis terkena tifes dan habis di rawat di RS 2 hari sekarang sudah lumayana kondisi badan . namun setiap saya kasi makan mual bagaimana solusinya

    • Sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu (makanan lunak). makan sedikit tapi lebih sering, tidak makan-makanan berlemak, dan minum air secukupnya untuk menghindari dehidrasi dan mual-mual.

  81. Min,Saya diderita penyakit tifes udah 1 minggu udah sempat dirawat di rumah sakit,,tapi Sekarang sudah pulang ,,tapi saya pusing lagi dan susah bab,,karena saya makan Yang digoreng,dan bepergian pake motor,apakah berpengaruh tuh,?

    • Iya, harusnya usahakan dulu untuk tetap beristirahat di rumah kalau perlu bed rest saja. Makanan sebaiknya konsumsi makanan bergizi, yang lembut-lembut dan makanan yang mudah dicerna usus.

  82. Min saya mau tanya saya sudah 3 hari dirawat dan saya positif terkena tipes. Pertanyaan saya gimana cara hidup sehat apakah tidur minimal 7 jam apakah harus berolahraga dan jenis olahraga yang bagaimana trimakasih

    • iya salah satu diantaranya itu. Pola hidup sehat itu digambarkan dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang, protein sayur buah daging semuanya harus seimbang. Lalu berolahraga setiap hari atau 3 kali dalam seminggu juga tidak masalah. Tidur cukup, tidak begadang, kelola stress.

    • Sebenarnya untuk dianjurkan atau tidak, saya kurang tau tapi dari beberapa artikel disebutkan bahwa cacing tanah (cacing kalung) memiliki sifat anti bakteri (mengatasi bakteri tipes) dan menurunkan demam.

  83. Dok jika saya makan dari makannan orang yang sakit tfis gimana ya apkah akn menular? Dan apakah kopi bisa menetralisir sakit tipes?

    • Kemungkinan tertular ada, namun kita harus melihat dulu apakah makanan yang sudah dikonsumsi penderita tipes itu tercemar bakteri tipes atau tidak. Untuk kopi, belum ada yang membahas sebagai penetralisir tipes, tapi saran saya sebaiknya tidak konsumsi kopi terlebih dahulu, kecuali atas persetujuan dokter.

  84. Assalamualaikum kak
    mau tanya, saya kan sdh 1 minggu lebih tipes. Sdh minum obat . Dan gejala tipesnya sdh tidak ada seperti demam, mual, lemas dll.
    apa sdh dibolehkan makan nasi goreng ?

  85. Min mw tanya.. Jika trkna tifus. Kn ane pngn mnuman agak dingn gt.. Sbaik ny mnum apa yg skaligus mmbntu pnykit tifus ku lbih enk an..

  86. Badan panas Hampir seluruh tubuh terasa di tusuk2 terutama pada jari..apakah itu gejala tipes / dbd tp hasil widal 320
    Dan apakah di anjurkan makan sedikit tp ber ulang..

    • Untuk memastikan sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter ya, agar nanti mengetahui apa yang jadi penyebabnya. Bisa jadi tipes, atau penyakit lain.

  87. Min, anak saya sedng sakit typu dan.sdh berobat ke dokter, ada obat mual dan nyeri perutnya, tp obat2annya diminum setelah makan, tp setiap makan (makanan yg lembut) dan minum air gula hangat, tetep ga masuk min, baru nyuap satu sendok langsung muntah, nah pertanyaannya, adakah cara spy makanan yg masuk ga muntah, minimal spy bisa minum obat aja dan ga kosong perutnya, tks…

    • Coba untuk terus beri anak Anda makan, dan usahakan beri dia banyak air minum agar tidak dehidrasi dan lemas juga mengurangi mual. Saya rekomendasikan dibantu untuk mengurangi mual dan gejala tipes lainnya dengan QnC Jelly Gamat. QnC Jelly Gamat boleh kok diminum walaupun anak sedang mengkonsumsi obat dokter, asal beri jeda waktu 1-2 jam dari obat tersebut, sebelum atau sesudah. Nah jika anak Anda tidak menyukainya karena tekstur nya yang menyerupai telur metah, bisa dilarutkan pada susu/air hangat, agar langsung diminum. Semoga cepat membaik dan lekas sembuh ya πŸ˜€

  88. Min ma’af ganggu .. Saya lagi menderita penyakit tipes..Dari yang saya baca di atas di anjurkan banyak minum air putih .. Tapi saya tiap minum air putih bawa’n nya mual gimna yah ..?? Terima kasih

    • imbangi dengan konsumsi makanan yang lembut, minum air putih bisa dilakukan sedikit-sedikit, asal sering, minum air putih selain meredakan mual juga menjaga agar tubuh tidak dehidrasi (membuat tubuh menjadi lemas).

  89. Saya mau tanya, saya sedang mengalami gejala types panas saya sudah hilang, tetapi rasa pusing dan lemas masih tetap ada, bisa kasih saran saya harus minum/makan apa agar kondisi saya walaupun tidak bnyak bisa kembali aga segar

    • perbanyak minum air putih, makan-makanan seperti biasa saja, perbanyak sayuran buah-buahan dan kunyah dengan benar-benar lembut. Selain itu beristirahat dulu sebelum benar-benar sembuh πŸ™‚

    • Ya, diperbolehkah. Asal dimasak dengan lunak, seperti dikukus misalnya dan pastikan untuk mengunyah sampai benar-benar lembut πŸ™‚

  90. saya mau taya, saya sakit types udah hampir 2 bulan, apa itu masih wajar???
    saya juga udah mkan obat dari dokter tapi gak sembuh juga itu gmananya???

    • Sebelumnya, sudah lakukan pemeriksaan kembali? Biasanya tipes akan sembuh kalau diberi obat dokter, istirahat cukup untuk pasien. Jika masih belum sembuh, mungkin obatnya tidak cocok? Coba periksa kembali, mungkin saja itu bukan gejala tipes lagi.

  91. Assalamualaikum.saya skit tipes udh hmpir 5 bulan, udh d rwat 4x , tpi skrg lumayan enak, tpi sy sering laper kdang sehri 4x mkan, dan bdan sy sering lemes,jg pny maag, sebaiknya sy mkan ap biar stamina kembali pulih .trmksih

    • makanlah lebih sering, 5 kali sehari juga tidak apa tapi dengan porsi sedikit (karena sakit maag), perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi dan lemas, makan-makanan sehat.

    • Jelly Gold saat ini sudah tidak tersedia, sebagai gantinya produk kami yang baru adalah QnC Jelly Gamat. Sama seperti sebelumnya, QnC Jelly Gamat ini sebenarnya bisa dibilang obat, juga herbal food suplement. Berbahan dasar teripang emas dan telah terbukti banyak membantu pemulihan dari kondisi sakit (penyembuhan penyakit) secara alami.

  92. Min bapak saya udh hmpir 2 bln trkena thpus, udh berobat makanan jg bnr2 d jAga tp kok msih lemes mual kembung , malahah kl pas kembung suara perutnya bnr2 kenceng banget. Sbnrnya sudah baik tp yg bkin lemes d perutny. Minum gammat jelly lgsg muntah. Biar g mual hrs d cmpur jus bisa kah? Dan d tambah gula atw madu yg baik?

    • Muntahnya sampai bagaimana ya mba? Biasanya reaksi muntah itu obatnya lagi bekerja, QnC Jelly Gamat bisa dicampur dengan air hangat, susu, jus juga. Semoga lekas sembuh.

  93. Min saya mau tanya saya barusan makanan bandeng presto kaki dan tangan saya terasa lemas setelah makan
    Saya cari di web ternyata bandeng presto termasuk ikan yg di awetkan meski secara alami
    Dan saya baca di artikel anda ikan yg di awetkan ternyata tidak boleh
    Bagaimana min cara biar saya bisa fit lagi
    soalnya saya besok bilang ke bos saya bisa memulai kerja

  94. Mau tanya knp waktu saya sakit tipes sariawan malah terus menerus menambah di bibir saya ?dan bagaimana penyembuhanyya?

    • Sariawan itu bisa terjadi karena infeksi bakteri/virus di dalam mulut, sedangkan tipes adalah infeksi bakteri di dalam usus. Mungkin keduanya tidak berkaitan, untuk cara penyembuhannya bisa dengan mengkonsumsi obat sariawan atau perbanyak minum air putih dan tidak mengkonsumsi makanan berminyak, makanan pedas yang bisa membuat sariawan semakin perih.

  95. Hai admin , sebelumnya saya berterimakasih jikalau pertanyaan saya masih dibalas. Saya mau bertanya saya sudah 2minggu tekena tifus dan sekarang badan sudah tidak pernah panas2 lagi tapi masalahnya saya disini di makanan , saya sangat suka sekali dengan mie seperti mie ayam atau pangsit. Pertanyaanya apa boleh saya memakan mie mie tersebut ?

    Sebelumya terimakasih

    • lebih baik menunggu waktu 5-7 hari lagi untuk memastikan kondisi benar-benar sehat, sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat terlebih dahulu ya, makan mie pangsit nya bisa diundur kan demi kesehatan πŸ™‚

  96. Min, saya kemarin dirawat di RS selama 5 hari karena positif penyakit tipes, dan istirahat 3 hari di rumah. sekarang sih sudah mulai beraktivitas lg. Demam sudah turun, cuma lidah saya masih putih di tengah dan kadang berasa lemas, apakah itu berarti saya masih belum sembuh? Apakah makanan yang digoreng atau bakar boleh untuk dimakan?
    Terima kasih untuk jawabannya.

    • pemulihan umumnya satu minggu, jika masih lemas bisa jadi belum sembuh benar. Perbanyak konsumsi air putih agar tidak dehidrasi, mengkonsumsi makanan yang di goreng dan bakar tidak masalah jika tidak menimbulkan sakit di perut. Sama sama, terima kasih telah berkunjung πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *