Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Sakit Maag

Pada situs obatosteoarthritis.web.id kali ini saya akan berikan informasi mengenai Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Sakit Maag. Sakit maag terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah makanan yang dikonsumsi sembarangan. Beberapa penderita sakit maag seharusnya mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi mereka agar sakit maag tidak kambuh. Beberapa makanan berikut harus dihindari oleh penderita maag, diantaranya adalah:

Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Sakit Maag

Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung: nasi keras, ketan, jagung, ubi talas.

Sumber Protein Hewani: daging yang berlemak, ikan asin, ikan pindang.

Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, seperti:

  • Sayuran tertentu (sawi, kol, nangka muda,nanas)
  • Buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon, durian)
  • Makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan)

Minuman yang mengandung soda dan alkohol: soft drink, tape, susu, anggur putih dan kopi.

Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica.

Obat suplemen yang bersifat asam dan merangsang keluarnya asam lambung  zat besi, vitamin C, asam salisilat, acetosal, kartikosteroid dan obat-obat anti rematik.

Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.

Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, santan kental, goreng-gorengan.

Makanan-makanan diatas harus dihindari oleh penderita maag, jika tidak ingin maag Anda kambuh, tapi jika makanan diatas merupakan makanan favorit Anda, tentu boleh asal tidak berlebihan. Makanan yang baik untuk Anda yang tidak akan memicu sakit maag, diantaranya:

Sumber hidrat arang atau karbohidrat, seperti bubur, kentang rebus, biskuit dan tepung-tepungan yang dibuat bubur atau puding. Bubur Ayam untuk penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk. Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama adalah kentang rebus. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

Sayur yang tak berserat dan tidak menimbulkan gas: labu kuning, labu siam, wortel, brokoli. Brokoli merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Sulfur juga terdapat pada bawang merah dan bawang putih.

Buah-buahan yang tidak asam dan tidak beralkohol: pisang, pepaya, tomat. Pisang Masak mengandung kalium dan buah pepaya bermanfaat untuk menyeimbangkan ph (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

Lidah Buaya, tanaman herbal yang satu ini bermanfaat dalam meredakan  meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Nah, untuk Anda yang menderita penyakit maag, sebaiknya mlai dari sekarang perbaiki pola makan dan mulailah hidup sehat dengan mengatur pola makan kita agar kelak tidak menyesal. Semoga artikel bermanfaat dari saya mengenai Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Penderita Sakit Maag dapat membantu Anda, semoga Anda diberikan senantiasa kesehatan dan umur panjang. Salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *