Macam-macam Radang Sendi Arthritis

Sendi, merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang berfungsi sebagai sambungan (penyatuan) untuk dua tulang, seperti halnya pada lekukan tulang lutut, tulang pinggul dll. Pada tiap ujung dari tulang tubuh kita memiliki bantalan seperti spons yang disebut Kartilago atau tulang rawan. Kartilago tersebut membuat kedua tulang dapat bergerak dengan baik tanpa menimbulkan rasa sakit.

Dalam jenis sendi tertentu memilik ruang sendi yang terisi oleh suaru cairan licin yang disebut Sinovial. Cairan tersebut bermanfaat untuk mengurangi gesekan antar kedua tulang. Selain itu, ada juga ligamen yang berfungsi sebagai jaringan penguat otot untuk memantu menigkat kedua tulang agar tetap dalam posisi stabil.

Dalam kasus Arthritis atau radang sendi, area di sekitaran sendi memiliki inflamasi (peradangan) yang menimbulkan sakit, kaku dan menjadi sulit untuk digerakkan. Beberapa jenis Arthritis juga berpengaruh besar pada anggota tubuh lainnya, seperti halnya pada kulit dan organ dalam disekitarnya.

Macam-macam Radang Sendi Arthritis

Dan berikut ini merupakan tipe dari Macam-macam Radang Sendi Arthritis yang harus Anda ketahui, diantaranya :

1. Osteoarthritis.

Osteoarthritis adalah peradangan sendi yang disebabkan rapuhnya kapsul sendi sehingga merusak lapisan tulang rawan yang menutup permukaan ujung-ujung tulang. Osteoarthritis pada umumnya terjadi pada sendi-sendi penopang tubuh seperti lutut, pinggul dan tulang belakang.

2. Rheumatoid Arthritis.

Merupakan jenis radang sendi lainnya yang umumnya menyerang pada sendi-sendi pada tangan dan kaki yang semakin lama semakin bertambah berat sakitnya. Gejalanya ditandai dengan kedua tangan terasa kaku pada pagi hari lebih dari setengah jam., tidak enak badan, kaku dan nyeri pada sendi, bengkak, kemerahan, dan terasa hangat. Penyebab Rheumatoid Arthritis dapat berasal dari faktor genetik dan faktor resiko pada lingkungan tertentu yang dapat menyebabkan kekacauan daya tahan tubuh atau gangguan Autoimun.

3. Arthritis Gout (Rematik).

Adalah bentuk Arthritis atau radang sendi yang biasa menyerang jari kaki terutama ibu jari kaki, juga lutut, tumit, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari-jari tangan dan siku. Arthritis Gout juga biasanya diturunkan dalam keluarga. Hanya saja pada pria, radang sendi ini muncul tanpa gejala awal pada umur 45 tahun. Bisa disebabkan karena terlalu banyak makan makanan yang mengandung asam urat seperti jeroan, stress, alkohol dan infeksi. Gejala rasa sakitnya muncul mendadak terjadi pada malam hari. Nyeri berdenyut atau sangat sakit dan bertambah nyeri jika bergerak sedikit saja. Kemerahan dan bengkak pada sndi yang terkena. Demam kedinginan dan badan lemah mungkin menyertai serangan.

Itu dia beberapa tipe dari Macam-macam Radang Sendi Arthritis. Semoga bermanfaat.

Solusi pengobatan nyeri Arthritis adalah QnC Jelly Gamat. Simak tentang manfaatnya DISINI .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *