Khasiat Kunyit Mengobati Penyakit Sendi Osteoarthritis

Tentu Anda mengetahui apa itu kunyit bukan? Kunyit merupakan bahan pelengkap makanan yang memiliki cita rasa yang khas. Namun tidak hanya sebagai pelengkap bumbu dapur saja, masyarakat juga sering memanfaatkannya sebagai salah satu bahan pembuat obat tradisional seperti jamu. Namun, benarkan kunyit memiliki manfaat luar biasa dalam kesehatan? Dan benarkah kunyit menjadi salah satu bahan obat tradisional yang bisa menyembuhkan penyakit sendi Osteoarthritis?

Khasiat Kunyit Mengobati Penyakit Sendi Osteoarthritis

Manfaat kunyit untuk kesehatan telah diketahui lebih dari 4000 tahun lalu dan digunakan untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Curcumin – bahan aktif yang terkandung dalam kunyit – dapat membantu menghindarkan dementia dan mencegah kanker.

Berdasarkan World Alzheimer Report pada tahun 2009, 3.6% dari penduduk Asia Tenggara diatas 60 tahun menderita dementia, dibandingkan dengan 6.4% penduduk Australia, dan 7.2% penduduk Eropa Utara. World Health Organization juga menyebutkan bahwa tingkat penderita kanker di India lebih rendah dibandingkan negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Namun apakah benar semua ini hasil dari kunyit? Peneliti kanker bernama Ralph W. Moss meyakini hal ini. Ia berkata bahwa kunyit adalah anti-inflamasi alami, kunyit menghambat pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor dan kunyit adalah antioksidan yang sangat ampuh. Namun sebelum Anda mulai mengkonsumsinya, Aloysa Hourigan, ahli nutrisi senior Australia berkata bahwa tidak semudah itu. “Curcumin hanyalah satu antioksidan, dan curcumin memang memiliki khasiat, namun saya tidak berpendapat hanya ada satu hal yang akan memperbaiki segalanya.”

Khasiat anti-inflamasi alami dari kunyit juga berfungsi sebagai pengobatan anti-inflamasi, dan tidak memiliki efek samping. Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat kunyit dalam mengatasi inflamasi. Penelitian menggunakan formula yang terdiri dari kunyit, menunjukkan bahwa kunyit mengurangi rasa sakit dan kelumpuhan sehubungan dengan Osteoarthritis.

Kunyit diketahui juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada penderita Osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya dalam sendi. Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

Sudah tau kan sekarang khasiat apa yang dimiliki kunyit untuk kesehatan termasuk pengobatan osteoarthritis? Jadi, tunggu apalagi, silahkan mencoba!

Baca juga : Obat Alami Menyembuhkan Osteoarthritis Pada Lansia

Khasiat Kunyit Mengobati Penyakit Sendi Osteoarthritis |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *