Jenis Penyakit Yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Kegemukan

Memiliki tubuh dengan berat badan berlebih, misalnya lebih dari 20 kilogram dari berat yang seharusnya sudah termasuk dalam gejala Obesitas. Bahkan saat ini, populasi orang kegemukan di seluruh dunia masih menjadi masalah yang dialami dari berbagai faktor usia. Akibat dari faktor pola makan dan kurang nya aktifitas berolahraga serta terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan cepat saji, adalah beberapa diantaranya yang jadi pencetus angka ini terus bertambah.

Fakta bahwa kegemukan dapat menyebabkan banyak penyakit seperti sakit jantung, darah tinggi, diabetes, kanker, Osteoartritis, asma, gangguan tidur, dan lainnya tidak dapat terelakan. Bukan hanya Obesitas penyebabnya, hal ini diperparah jika ada salah satu keluarga yang juga terkena penyakit serupa.

Seperti yang dilansir dari laman Boldsky, berikut adalah 6 Jenis Penyakit Yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Kegemukan yang harus diwaspadai. Diantaranya :

Jenis Penyakit Yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Kegemukan

1. Sakit Jantung.

Akibat dari kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Jadi selalu jaga berat badan ideal, sehingga dapat terhindar dari kegemukan.

2. Kanker.

Kegemukan juga berisiko menyebabkan kanker usus, ginjal, payudara, dan lainnya. Selain itu ada lagi organ yang terancam seperti ovarium dan pankreas jika kegemukan.

3. Diabetes.

Satu risiko Diabetes tipe 2 akan muncul jika seseorang kegemukan. Hindari ini dengan mengurangi berat badan dan makan makanan sehat, tidur cukup, dan olahraga. Jika sudah terkena Diabetes tipe 2, olahraga dan tidur cukup menjadi hal yang utama.

4. Asam Urat.

Penyakit sendi sedperti asam urat dapat menyancam. Nyeri dan mati rasa dapat terjadi karena terlalu banyak tumpukan lemak.

5. Gangguan Tidur.

Kelebihan berat badan juga menyebabkan kondisi pernapasan tidak nyaman saat tidur. Hal itu membuat seseorang mendengkur dan menderita sesak napas saat tidur. Hal ini juga dapat menyebabkan kantuk di siang hari dan yang pada gilirannya dapat membuat jantung lebih rentan terhadap penyakit.

6. Osteoartritis.

Penyakit Osteoartritis biasanya menyerang lutut, pinggul atau punggung. Penurunan berat badan maka membantu meringankan pinggul dan punggung.

Semoga bermanfaat, salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *