Gejala Amandel Pada Anak Mulai Bermasalah

Gejala Amandel Pada Anak Mulai Bermasalah,- Penyakit amandel pada anak, adalah hal umum yang bisa terjadi kapanpun. Namun begitu, Anda sebagai orangtua tidak boleh cukup dengan memberikannya obat antibiotik biasa, atau secara langsung melakukan operasi amandel dengan memotong amandel yang sakit untuk mencegah terjadinya amandel kambuh. Karena sesungguhnya amandel, merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting keberadaanya dan apabila amandel ini diangkat, otomatis akan memperngaruhi sistematis kinerja tubuh pada penderitanya.

Gejala Amandel Pada Anak Mulai Bermasalah

Anda dapat mencegah terjadinya sakit amandel semakin parah dengan mengetahui bagaimana gejala yang terjadi di awalnya. Dan berikut adalah beberapa gejala yang bisa terjadi pada anak yang menderita sakit amandel, diantaranya:

  • Lesu.

Setiap bangun pagi, anak akan terlihat lesu dan tidak bergairah bahkan untuk mandi, mempersiapkan alat sekolah mereka akan terlihat seperti tidak bersemangat. Akibatnya, anak akan mengalami penurunan terhadap prestasi dan juga pendidikannya disekolah.

  • Hilangnya nafsu makan.

Jika anak Anda mulai terlihat seperti tidak memiliki nafsu makan mungkin saja anak Anda mengalami gejala amandel yang mulai bermasalah. Yang paling jelas adalah ketika mereka mulai menolak untuk makan, atau hanya menghabiskan sedikit makanan yang mereka makan. Jika sudah begini, sebaiknya Anda tidak memarahi anak Anda, namun berikan dia suplemen penambah nafsu makan, dan vitamin tambahan untuk anak Anda agar dia terhindar dari serangan penyakit.

  • Sulit menelan makanan.

Hal yang satu ini pasti sangat mudah dikenali, anak akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan karena tenggorokan mereka mulai terasa tidak enak/nyaman, karena biasanya hal tersebut juga disebabkan oleh gejala sakit amandel.

  • Sakit leher.

Sakit yang terjadi pada leher ketika ditekan, leher yang terasa sakit bisa terjadi pada bagian atas,atau tepatnya dibawah rahang. Disana adalah letak amandel.

  • Panas dalam.

Anak mengalami panas dalam salah satunya terjadi akibat amandel yang meradang. Penyebabnya dipicu oleh kurangnya anak dalam mengkonsumsi buah dan sayur yang sangat mereka butuhkan untuk pemenuhan kebutuhan gizi.

  • Demam dan sakit kepala.

Demam dengan suhu tinggi yang terjadi pada anak bisa saja merupakan salah satu gejala dari penyakit amandel akut. Solusi termudahnya, berikan buah hati Anda obat penurun demam, sangat disarankan untuk banyak minum.

Gejala-gejala tersebut dapat terjadi secara bersamaan, atau hanya satu-satu saja. Apabila anak mengalami gejala diatas, sebaiknya tetap waspada dan lakukan pemeriksaan secepatnya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *