Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Gejala Pilek Menahun

Pilek menahun terjadi bukan karena semata-mata terjadi karena infeksi virus, masih banyak faktor-faktor yang diyakini sebagai pencetus terjadinya pilek menahun.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pilek Menahun
Sebenarnya istilah pilek menahun kurang tepat, masyarakat sudah terlanjur menyebut penyakit yang ditandai dengan gejala flu dan pilek yang tidak kunjung sembuh. Pilek menahun sebenarnya adalah gejala penyakit Sinusitis dan juga merupakan gejala dari penyakit Rhinitis.

Beberapa faktor yang mempengaruhi gejala dari pilek menahun, terdiri dari:

1. Faktor keturunan.
Adanya riawayat keluarga yang sebelumnya memiliki keluhan terhadap gejala pilek menahun.

2. Lingkungan.
Faktor lingkungan juga mempengaruhi timbulnya gejala pilek menahun. Karena di lingkungan sekitar bisa saja terdapat alergen. Outdoor Alergen pencetus alergi yang kemudian bisa menyebabkan gejala pilek menahun diantaranya berupa spora jamur, bunga dan pollen. Sedangkan Indoor Alergen diantaranya seperti debu, jamur, dan binatang peliharaan.

3. Daya tahan tubuh.
Jika daya tahan tubuh kurang stabil atau sedang dalam keadaan lemah, otomatis akan mudah terkena penyakit dan mungkin salah satunya adalah memunculkan gejala pilek menahun.

Yang perlu Anda ketahui, adalah jika tubuh mengalami gejala pilek menahun maka akan mendapatkan respon daya tahan tubuh. Beberapa respon daya tahan tubuh terhadap gejala pilek menahun terbagi kedalam 3 kelompok. 3 kelompok respon tubuh yang dipengaruhi oleh gejala pilek menahun ini diantaranya adalah:

a. Respons primer
Pada respon daya tahan tubuh primer terjadi proses eliminasi dan fagositosis antigen. Reaksi ini bersifat nonspesifik dan dapat berakhir sampai disini.Bila antigen tidak berhasil seluruhnya dihilangkan maka reaksi berlanjut menjadi respons sekunder.

b. Respons sekunder
Reaksi yang terjadi bersifat spesifik, yang mempunyai tiga kemungkinan ialah sistem imunitas selular atau humoral atau keduanya dibangkitkan.Bila antigen berhasil dieliminasi pada tahap ini maka reaksi selesai. Bila antigen masih ada atau memang sudah ada defek dari sistem imunonogik maka respons berlanjut menjadi respons tersier.

c. Respons tersier
Reaksi imunologik yang terjadi ini tidak menguntungkan tubuh. Reaksi ini dapat bersifat sementara atau menetap tergantung dari daya eliminasi antigen oleh tubuh.

Demikianlah, sedikit ulasangan mengenai Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Gejala Pilek Menahun. Semoga dapat bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya pada situs ini.

Salam.

Baca juga: Obat Alami Pilek Menahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *