Cara Sederhana Untuk Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi pada lansia, namun ternyata sekarang ini Osteoporosis juga beresiko terjadi pada mereka yang berusia dewasa, bahkan remaja.

Osteoporosis merupakan salah satu gangguan pada tulang yang mengakibatkan pengeroposan tulang, artinya massa tulang mengalami penyusutan. Hal ini terjadi karena persediaan kalsium didalam tulang berkurang sehingga menyebabkan tubuh mengambil kalsium dari tulang dan lama kelamaan tulang menjadi keropos, sehingga tulang menjadi tidak kuat untuk menahan beban berat. Bahkan, benturan ringan sekalipun dapat menyebabkan patah tulang.

Osteoporosis pada tulang yang umum terjadi adalah pada bagian-bagian tulang belakang, tulang rusuk dan pinggul. Hampir dari sepertiga perempuan dan seperenam laki-laki bisa mengalami patah tulang pinggul, bahkan diantaranya 12-20% berakhir dengan kematian.

Cara Sederhana Untuk Mencegah Osteoporosis

Baca juga : Kenali Perbedaan Osteoporosis Dengan Osteoarthritis

Untuk mengurangi penderita Osteoporosis di dunia, Anda sebagai salah satunya yang beresiko wajib untuk mengetahui tips atau cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya Osteoporosis di masa mendatang. Ini dia tipsnya:

1. Penuhi asupan Kalsium.

Asupan kalsium lebih baik dikonsumsi dari sumber makanan. Karena, selain Kalsium alami yang berasal dari makanan masih 100%, Kalsium yang berasal dari suplemen biasa hanya memiliki 30-50%nya saja. Oleh karenanya, sebaiknya untuk mencegah terjadinya Osteoporosis Anda bisa memulai untuk mengkonsumsi beberapa makanan sumber Kalsium alami, seperti kacang almond, gandum utuh, dan kacang hijau segar. Ikan salmon dan sarden juga termasuk sumber utama dari makanan yang mengandung Kalsium tinggi.

2. Vitamin D.

Vitamin D jelas sangat dibutuhkan untuk mencegah Osteoporosis karena, Vitamin D sangat baik dalam menstimulasi penyerapan kalsium. Vitamin D bisa Anda dapatkan setiap hari secara alami dari sinar matahari. Berjemurlah di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

3. Tidak mengkonsumsi kopi, alkohol, rokok dan softdrink.

Jika Anda termasuk pencinta kopi, juga sering mengkonsumsi alkohol, pecandu rokok dan minuman ringan atau softdrink sebaiknya segera kurangi konsumsi keempat makanan dan minuman tersebut. Keempatnya jika dikonsumsi secara berlebih berdampak negatif bagi kesehatan tulang. Bahkan soda, memiliki kemampuan menghilangkan lapisan enamel gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.

4. Mengkonsumsi sayuran hijau.

Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya Osteoporosis. Jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah brokoli, kangkung, bayam, dan sawi hijau.

5. Berolahraga.

Cara ini adalah cara paling umum yang mungkin tidak Anda ketahui bahwa dengan rutin berolahraga maka akan terhindar dari resiko Osteoporosis. Maka dari itu sebaiknya sempatkan berolahraga sesibuk apapun Anda!

Cara Sederhana Untuk Mencegah Osteoporosis |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *