Cara Mencegah Penyakit Batuk Pada Anak Dan Dewasa

Sejatinya, penyakit batuk adalah penyakit yang bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja, dan lebih banyak terjadi pada pergantian musim dan musim hujan di Indonesia. Batuk memang terlihat sepele, namun bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi sangat lemah, terkadang tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis karena kelelahan. Perlu diperhatikan, batuk juga merupakan tanda dari penyakit flu, sinusitis, penyakit TB atau Tuberkulosis, gangguan bawaan dari HIV/AIDS dan kanker paru-paru. Yang paling sering terjadi batuk disebabkan oleh tertular penderita batuk lainnya, reaksi alergi dan polusi udara yang tercemar.

Cara Mencegah Penyakit Batuk Pada Anak Dan Dewasa

Untuk pencegahan batuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya batuk, diantaranya :

  • Menggunakan masker pelindung mulut dan hidung.

Jika Anda banyak melakukan berbagai aktifitas di luar rumah, maka usahakan untuk selalu menggunakan masker. Masker yang melindungi bagian mulut dan hidung bisa membantu mencegah batuk. Masker akan melindungi bagian organ pernafasan dari cemaran polusi udara yang buruk. Bahkan masker juga bisa mencegah agar tidak mudah tertular penyakit seperti flu yang sering menyebabkan batuk. Awalnya memang tidak nyaman untuk menggunakan masker, namun cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

  • Mengkonsumsi madu secara rutin.

Kita semua telah mengetahui manfaat madu, madu jika dikonsumsi setiap hari juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk mencegah penyakit (dalam hal ini batuk juga termasuk). Madu mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang sangat lengkap. Berbagai jenis kandungan mineral dan vitamin ini yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun hindari untuk memilih jenis madu asli karena madu palsu sering ditambahkan dengan bahan pemanis.

  • Tidak mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung pemanis buatan.

Di jaman modern seperti ini, kita menjadi terbiasa dengan makanan serba instant dan bumbu instant pula. Sebenarnya tidak masalah jika dikonsumsi dengan wajar, namun akan menjadi masalah jika sampai berlebihan. Termasuk pemanis buatan yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman. Ternyata bahan pemanis ini bisa menyebabkan bahaya untuk kesehatan. Salah satu indikasi yang paling sering terjadi adalah batuk dan flu setelah mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung bahan pemanis. Karena itu penting untuk menggunakan gula alami agar tubuh lebih sehat.

  • Kurangi mengkonsumsi camilan atau snack.

Biasanya, anak-anak lah yang paling menyukai camilan snack. Namun hati-hati, bisa saja bahan yang terdapat didalam camilan tersbeut dapat menyebabkan batuk dan radang tenggorokan. Snack atau camilan umumnya banyak digoreng dan mengandung berbagai bahan kimia pangan. Jika dikonsumsi dalam batas tertentu maka tidak menyebabkan batuk, tapi jika terlalu sering maka bisa menyebabkan batuk yang berat.

  • Mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

Hampir semua jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng dapat menyebabkan batuk. Makanan yang digoreng mengandung minyak yang bisa menyebabkan tenggorokan menjadi sangat sensitif. Selain itu makanan yang digoreng bisa mengandung minyak berlebihan dan memicu kolesterol tinggi. Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan yang digoreng, namun biasakan untuk membatasi jumlahnya.

  • Menggunakan pakaian hangat saat cuaca dingin.

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki suhu rendah atau cuaca yang dingin, maka gunakan pakaian yang tebal. Pakaian yang tebal akan membantu tubuh merasa lebih hangat. Hal ini juga bisa mencegah beberapa penyakit akibat udara dingin seperti radang paru-paru. Pakaian yang tebal akan membuat tubuh tidak rentan terhadap infeksi. Namun usahakan untuk tetap menjaga kebersihan pakaian agar tubuh Anda juga tidak terkena penyakit kulit, seperti bisul dan lainnya.

  • Cuci tangan Anda lebih sering.

Kebiasaan mencuci tangan hingga bersih akan membantu menurunkan berbagai resiko penyakit. Ada jutaan bakteri dan virus yang mudah menular secara langsung lewat media tangan. Bakteri dan virus ini sama sekali tidak akan terlihat oleh mata secara langsung. Karena itu mencuci tangan akan membantu tangan Anda tetap bersih dan tidak mudah terkena infeksi. Kebiasaan mencuci tangan yang bersih juga bisa mencegah resiko kesehatan lain seperti jerawat, flu dan penyakit menular lain.

  • Tidak tidur di lantai.

Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur dilantai secara langsung. Cara ini sangat buruk untuk kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit tertentu. Selain itu udara dingin yang langsung mengenai badan bisa menyebabkan kondisi kesehatan lebih lemah. Jika kesehatan tubuh lemah maka juga mudah terkena resiko infeksi dari penyakit lain seperti flu dan batuk.

  • Cuci tangan lebih sering.

Kebiasaan mencuci tangan hingga bersih akan membantu menurunkan berbagai resiko penyakit. Ada jutaan bakteri dan virus yang mudah menular secara langsung lewat media tangan. Bakteri dan virus ini sama sekali tidak akan terlihat oleh mata secara langsung. Karena itu mencuci tangan akan membantu tangan Anda tetap bersih dan tidak mudah terkena infeksi. Kebiasaan mencuci tangan yang bersih juga bisa mencegah resiko kesehatan lain seperti jerawat, flu dan penyakit menular lain.

  • Tidak merokok.

Rokok menjadi salah satu benda yang paling banyak ditemukan dimana saja. Rokok banyak disukai karena dianggap bisa menyebabkan efek santai. Selain itu rokok mengandung bahan yang bisa memicu kecanduan seperti nikotin. Berbagai jenis bahan ini akan membuat tubuh mudah sakit dan juga terkena batuk. Batuk pada orang yang merokok bisa menjadi gangguan yang sangat serius terutama berhubungan dengan kesehatan paru-paru. Karena itu lebih baik untuk tidak merokok dan tetap melakukan gaya hidup yang sehat.

  • Perbanyak mengkonsumsi buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi.

Berbagai jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi sangat baik untuk mencegah batuk. Semua jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu buah ini akan mencegah berbagai jenis penyakit yang mudah menular seperti flu dan batuk. Ketika tubuh Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik maka tubuh bisa melawan sumber penyakit.

  • Menghindari sumber alergi.

Orang yang memiliki alergi terhadap bulu binatang, debu, jamur, dan berbagai sumber alergi lain biasanya akan memiliki reaksi batuk. Karena itu semua penderita harus menjauhi semua sumber alergi. Alergi yang buruk bisa memicu penyakit lain seperti asma yang menyerang organ pernafasan. Batuk dan bersin akan menyebabkan reaksi yang sangat buruk untuk pernafasan dan ini membuat penderita alergi tidak bisa mengatur tubuh. Hal yang bisa dilakukan adalah menghindari sumber alergi.

  • Minum air putih dengan cukup.

Minum air putih yang cukup akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh sangat baik untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terkena penyakit. Sementara jika Anda kekurangan air putih maka bisa membuat tubuh lemah dan mudah terkena penyakit. Air dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga agar racun bisa keluar dari tubuh lewat urin. Air juga bisa membantu metabolisme tubuh sehingga mencegah timbunan lemak dalam tubuh.

  • Istirahat yang cukup.

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, cara lain untuk terhindar dari batuk adalah selalu melakukan istirahat dengan baik. Cara untuk istirahat yang paling baik adalah dengan tidur yang cukup. Tidur malam sangat disarankan karena tubuh Anda benar-benar bisa bersantai. Hindari begadang atau tidur larut malam karena bisa menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit infeksi seperti flu, batuk atau radang paru-paru.

Nah, demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya batuk. Bisa dilakukan pada anak dan orang dewasa, karena sesungguhnya mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi selamat mencoba!

Cara Mencegah Penyakit Batuk Pada Anak Dan Dewasa |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *