Cara Agar Anak Tidak Menderita Alergi Akibat Keturunan

Ada cukup beragam penyakit yang bersifat keturunan, salah satu yang mungkin sangat ingin dihindari adalah alergi.

Alergi merupakan sebuah kondisi dimana menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderita mengeluarkan respon berlebihan terhadap zat yang disebut dengan alergen (pemicu alergi). Kondisi ini memang cenderung lebih sering terjadi pada anak-anak ataupun orang dewasa yang telah memiliki keluarga (terutama kedua orang tua / salah satunya) yang sama-sama memiliki alergi.

Cara Agar Anak Tidak Menderita Alergi Akibat Keturunan

Ternyata, salah satu penyebab lazim dari alergi berasal dari makanan. Saat ibu sedang hamil, ibu perlu meningkatkan asupan makanan yang bergizi untuk mencegah terjadinya alergi pada anak. Berdasarkan kepercayaan orang-orang di masa lalu, ibu hamil harus menghindari jenis makanan seperti ikan, kacang, dan telur.

Namun, menurut penelitian seperti yang dilansir dari laman klikdokter menyatakan jika dengan membatasi konsumsi jenis makanan-makanan tersebut bukan malah mencegah alergi, namun justru menimbulkan risiko ibu kekurangan mikronutrien yang penting untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Beragam makanan dengan kandungan nutrisi alami seperti omega 3 pada ikan, ataupun folat pada kacang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan janin.

Jadi kesimpulannya, ibu tidak perlu sampai menghindari jenis makanan tertentu yang menyebabkan alergi. Kecuali jika ibu memang telah menderita alergi terhadap jenis makanan tertentu. Anjuran diatas juga berlaku untuk ibu menyusui. Agar anak tidak lahir dengan membawa alergi, maka tugas Anda adalah harus memperbanyak asupan makanan bergizi seimbang, termasuk buah dan sayur. Hindari kontak dengan asap rokok juga untuk mengurangi risiko alergi pada anak.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *