Beragam Terapi Pengobatan Radang Sendi Lutut Dan Panggul

Ada banyak macam pengobatan yang bisa dilakukan dalam mengatasi radang sendi, utamanya pada lutut dan panggul. Di tahun 2008 silam OARSI atau Osteoarthritis Research Society International mempublikasikan bahwa hasil penelitian dari ecidence base telah mengeluarkan beberapa rekomendasi pengobatan untuk radang sendi. Hal tersebut dipublikasikan demi memangkas beberapa pengobatan yang sudah berjalan sebelumnya, yang sebenarnya tidak sangat penting dibutuhkan oleh pasien. Maka dari itu, lembaga tersebut kemudian menganjurkan pasien penderita radang sendi untuk menjalani setidaknya 25 macam terapi pengobatan yang bisa dilakukan beberapa diantaranya. Dan berikut ini, merupakan rekomendasi pengobatannya, diantaranya :

Beragam Terapi Pengobatan Radang Sendi Lutut Dan Panggul

1. Terapi obat dan terapi bukan obat. Disini maksudnya adalah terapi yang dilakukan secara tepat untuk penderita radang sendi yang terdiri dari obat, serta bukan obat.
Terapi obat (non farma) termasuk:
2. Edukasi serta manajemen diri, bertujuan agar pasien bisa melakukan hal-hal yang dapat dia lakukan lebih dari terapi pasif yang dijalankan oleh para ahli medis terhadapnya.
3. Kontak telepon secara regular. Berdasarkan penelitian, pasien penderita radang sendi yang mendapatkan sebuat telepon / panggilan bulanan tentang perawatan diri, menunjukan perbaikan yang baik terhadap nyeri fisik.
4. Terapi fisik.
5. Latihan aerobik, melatih kekuatan otot serta olahraga air.
6. Usaha untuk menurunkan berat badan.
7. Menggunakan alat bantu jalan.
8. Menggunakan alas kaki yang dilengkapi dengan sol.
9. Menggunakan lutut ‘brace’.
10. Terapi kompres dengan air hangat dan dingin.
11. TENS / Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation, terapi yang menggunakan listrik bertegangan rendah.
12. Terapi akupuntur.
13. Obat anti radang non-steroid. Obat yang sangat direkomendasikan untuk mengurangi nyeri sendi, serta kekauan pada penyakit radang sendi Osteoarthritis.
14. Dengan anti nyeri topikal.
15. Melakukan injeksi Kortikosteroid, adalah suntikan kortikosteroid yang berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi.
16. Injeksi asam hyaluronic. Suntikan ini berfungsi dalam meningkatkan viskositas sendi sehingga menurunkan kekakuan pada sendi.
17. Manfaat Glukosamin dan CHondroitin yang dapat mengurangi gejala peradangan.
18. Opioid danAnalgesik narkotik. Teknik pengobatan khusus diberikan kepada pasien yang tidak bisa menahan rasa sakit akibat radang sendi.

Selain 18 cara pengobatan yang berbeda-beda untuk mengatasi radang pada sendi, jalan lainnya adalah operasi. Operasi yang dilakukan pun beragam, diantaranya operasi penggantian sendi, operasi penggantian bagian lutut, operasi pemotongan tulng serta perbaikan sendi yang rusak, operasi pembersihan jaringan sendi serta membuang beberapa jaringan sendi yang telah rusak, serta operasi penggabungan sendi jika operasi sendi gagal dilakukan.

Beragam kemungkinan bisa terjadi dalam operasi yang dilakukan, nah untuk itu ada satu lagi cara pengobatan yang patut  Anda coba, selain dalam menghindari operasi radang sendi, yaitu cukup dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat, obat herbal multikhasiat yang telah banyak membantu dalam mengatasi permasalahan sakit persendian, termasuk Osteoarthritis atau radang sendi. (Obat Osteoarthritis).

Baca juga : Pengapuran Sendi Juga Terjadi Pada Usia Muda

Beragam Terapi Pengobatan Radang Sendi Lutut Dan Panggul |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *