Beragam Kondisi Berikut Ini Bisa Jadi Tanda Tumor Otak

Menurut berita kesehatan di Indonesia, angka kejadian pasien penderita tumor otak terus meningkat hingga 25.000 orang pertahun.

Sayangnya, akibat penderita Tumor otak terlambat dalam melakukan pemeriksaan dan penanganan, yang akhirnya tidak tertolong.

Beragam Kondisi Berikut Ini Bisa Jadi Tanda Tumor Otak

Dari tanda dan gejalanya Tumor otak bisa dilihat dari seringnya sakit di kepala. Di jurnal American Headache Society, diketahui dalam penelitian yang melibatkan 171 pasien tumor otak, 71 persen atau sekitar 120 orang mengalami sakit kepala sebagai salah satu gejala awal tumor otak.

Walau tidak secara keseluruhan gejala dari tumor otak adalah sakit kepala, namun bukan berarti Anda tidak mewaspadainya. Ciri dari sakit kepala akibat Tumor otak dapat semakin memburuk terutama saat pagi hari. Walaupun begitu, khas dari rasa sakit di kepala yang tidak biasa menjadi penanda tunggal dari gejala Tumor otak. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa jadi tanda Tumor otak.

1. Kelemahan anggota tubuh.

Bagian tubuh seperti tangan atau kaki yang lebih lemah dari sebelumnya merupakan tanda yang umumnya mengiringi sakit kepala. Tumor yang menyerang pusat koordinasi gerak di otak dapat menimbulkan keluhan jenis ini.

2. Perubahan pola sakit kepala.

Sakit kepala yang semakin hari semakin sering terjadi dan berat merupakan salah satu tanda yang harusnya sudah diwaspadai. Sakit kepala dengan ciri tersebut menandakan adanya peningkatan tekanan dalam rongga tengkorak, salah satunya disebabkan oleh adanya tumor otak.

3. Sakit kepala tidak kunjung membaik dengan pengobatan anti nyeri standar.

Sakit kepala akibat kelelahan ataupun stres biasanya dapat mereda dengan istirahat dan konsumsi obat pereda nyeri standar. Namun, sakit kepala yang disebabkan karena tumor otak akan tetap mengganggu sekalipun usaha-usaha tersebut sudah dilakukan.

4. Mengalami gangguan pengelihatan.

Seluruh kinerja pancaindra diatur oleh otak. Oleh karenanya, gangguan salah satu pancaindra bisa menandakan adanya tumor otak, termasuk penglihatan. Gangguan penglihatan yang dimaksud adalah penglihatan ganda, pandangan buram secara tiba-tiba, silau ketika melihat suatu objek, hingga tidak bisa melihat sama sekali.

5. Penurunan fungsi sensorik.

Kemunculan rasa kebas atau baal yang terjadi secara tiba-tiba dan terus-menerus, bisa jadi mengindikasikan adanya tumor otak. Tumor otak bisa tumbuh di bagian otak mana saja, dan salah satunya di bagian otak yang mengatur persepsi akan apa yang diraba seseorang, atau dalam dunia medis disebut area sensorik.

Posted by Obat Osteoarthritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *